Rawon Kates Mbok Sannah Sumobito Jombang, ‘Maknyus’ dan Murah Meriah

rawon kates Mbok Sannah Sumobito Jombang
Seporsi rawon kates di watung Mbok Sannah, Desa/ Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang. (Foto: Daniel)
  • Whatsapp

SUMOBITO, KabarJombang.com – Pingin kenyang namun tak berat di kantong?, tempat kuliner satu ini patut dicoba. Selain harganya murah, masakan yang disajikan di warung ini sangat enak di lidah. Lokasinya, yakni di Jalan Raya Peterongan – Sumobito, Kabupaten Jombang, atau 150 meter dari Polsek Sumobito.

Nama warungnya, Mbok Sannah. Kini, dikelola Nanik (40) cucu Mbok Sannah. Menu andalan di warung ini adalah rawon kates pincuk. Selain itu, ada juga nasi lodeh dan nasi pecel.

Baca Juga

“Tentunya untuk racikan bumbu masakan, dari leluhur. Menggunakan rempah-rempah asli Indonesia, dengan takaran khusus dan cara masak khusus. Sehingga menghasilkan makanan yang sedap khas ndeso (Jawa: desa),” tuturnya.

Pembeda warung Mbok Sannah dengan lainnya adalah tempat makannya bukan piring. Melainkan pincuk daun pisang, ditambah alas berbahan bambu. Selain itu, tempatnya nyaman, dan harga murah meriah. Terakhir, pelayananan memuaskan. Anda bisa menikmati nasi pincuk tanpa menunggu waktu lama.

Seporsi rawon kates yang disuguhkan, terdapat nasi putih, kuah rawon dengan sayur kates, cokol (cambah kecil), dan bawang goreng. Sedangkan untuk seprorsi nasi lodeh, terdapat kuah sayur tewel dengan kuah kaldu sumsum sapi. Kalau nasi pecelnya, ada berbagai sayuran komplit dengan balutan bumbu kacang, ditambah serundeng dan rempeyek.

“Dari tiga menu utama yang kami tawarkan itu, harga semuanya ekonomis, hanya Rp 5 ribu,” ungkapnya.

Ya benar, harga yang ditawarkan warung Mbok Sannah sangatlah murah meriah, Anda bisa memilih makanan apa yang Anda inginkan dengan merogoh kocek hanya Rp 5 ribu.

Untuk lauk pauknya yang disuguhkan, bervariasi. Di antaranya daging babat, empal, telur asin, tahu tempe bacem, ayam panggang. Sekaligus terdapat sate sate-an, antara lain sate telur puyuh, cecek, usus, rempelo ati dan masih banyak lagi.

Harga lauk pauk yang ditawarkan sangatlah murah mulai dari Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu. Untuk datang di warung Mbok Sannah, Anda bisa kapan saja. Sebab warung ini buka setiap hari mulai pukul 15.00 sampai 22.00 WIB.

Selain makanan khas Jombang-an yang ditawarkan juga terdapat varian minuman, mulai dari minuman kekinian hingga minuman tradisional. Salah satu minuman andalan yang ditawarkan adalah wedang uwuh.

“Untuk makan enak nggak harus mahal, rasanya bintang lima harga kaki lima. Ya hanya di Warung Mbok Sannah, bumbu rempah melimpah menggoyang lidah,” pungkasnya.

INSTAGRAM

Berita Terkait