Pilkada Serentak Digelar 2018 Mendatang, Ini Kata KPU RI

Ketua KPU RI, Arif Budiman didampingi Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto, saat meninjau permainan dan simulasi yang ada di RPP Gus Dur KPU Jombang yang baru diresmikannya. (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, bakal digelar pada 27 Juni 2018 mendatang. Ini diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Arif Budiman, Sabtu (22/4/2017).

Menurutnya, dalam Pilkada pada tahun 2018, ada sekitar 171 daerah yang bakal memilih kepala daerahnya. Yakni, untuk Gubernur ada di 17 Provinsi, Pemilihan Walikota ada di 39 Kota, dan untuk Pemilihan Bupati digelar 115 Kabupaten, termasuk Kabupaten Jombang.

Sehingga, Ketua KPU meminta, anggaran Pilkada di 171 daerah telah klir sebelum pentahapan. “Pentahapannya dimulai 10 bulan sebelum pencoblosan, agar pelaksanaan tidak terhambat anggaran, KPU RI minta naskah perjanjian hibah daerah telah ditandatangani Pemda dengan KPUD di seluruh daerah, satu bulan sebelum tahapan dimulai,” terang Arif, saat meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP), Gubuk Sosialisasi Demokrasi Untuk Rakyat (GUS DUR) di Kantor KPU Kabupaten Jombang, Jalan KH Romli Tamim Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang.

Dengan diawali pemukulan kentongan oleh Ketua KPU RI, yang disusul kemudian oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, serta Bupati dan Forkopimda Kabupaten Jombang, gedung Gus Dur Jombang resmi dibuka. Selain itu, menurut Arif, hingga saat ini sudah ada 22 RPP lainnya di Jawa Timur yang telah diresmikan terlebih dulu.

Gedung RPP Gus Dur KPU Jombang, yang kali ini diresmikan, ditujukan mendorong dan mendidik masyarakat agar ikut merasa berkepentingan terhadap pemilu. Sebab, di dalam desain RPP, terdapat sejumlah permainan serta simulasi mengenai pemilu yang dikemas sedemikian rupa, sehingga memiliki daya tarik.

“Semoga, diresmikannya gedung ini bisa membuat masyarakat lebih peduli dengan Pemilu yang bisa menentukan daerahnya menjadi lebih maju melalui kepala daerah yang dipilih masyarakat,” pungkasnya. (aan/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here