Gus Muwafiq: Lagu Favorit Gus Im, Master of Puppets-nya Metallica

Gus Muwaffiq di dalem kasepuhan Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif, Denanyar, Kabupaten Jombang. (Foto: Anggit Puji Widodo)
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Selain sosok yang visioner dan memiliki prinsip, KH Hasyim Wahid (Gus Im) juga dikenal sebagai orang yang tidak bisa melihat orang susah.

KH. Ahmad Muwafiq atau lebih dikenal dengan Kyai Muwafiq atau Gus Muwafiq menyebut mendiang Gus Im rela pulang tak membawa apa-apa dan lebih memilih memberikan kepada orang yang lebih membutuhkan..

Baca Juga

“Beliau tidak bisa lihat orang susah. Kalau sudah lihat orang susah, apapun yang dimilikinya pasti diberikan. Sampai-sampai pulang itu tidak bawa apa-apa. Nah itulah Gus Im,” ucapnya kepada KabarJombang, Sabtu (1/8/2020) tengah malam.

Gus Muwafiq mengaku punya banyak kenangan unik bersama Gus Im. Salah satunya adalah mendengarkan musik beraliran metal dari group band asal Los Angels, Amerika, Mettalica.

“Kalau malam suruh bangun bersama-sama dengarkan Metallica bareng-bareng, di rumah masing-masing. Kadang saya juga disuruh main musik,” katanya di dalem kasepuhan Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif.

Lagu yang almarhum suka, sepengetahuan kiai nyentrik asal Yogyakarta itu adalah Master Of Puppets dari Metallica.

Gus Muwafiq juga mengatakan sering berkeliling bersama mendiang Gus Im. “Sering keliling bareng cari keris, atau tukar koleksi. Banyaklah kenangan bersama beliau,” ujarnya sambil tersenyum.

Gus Muwafiq mengenal Gus Im sejak tahun 90-an. “Terakhir komunikasi paling satu bulan yang lalu, sebelum masuk rumah sakit masih sering kontak-kontakan,” kata kiai yang punya ciri khas bersuara lantang dan berambut gondrong ini.

Soal Gus Im yang sebut-sebut jarang muncul kepermukaan, menurut Gus Muwafiq, itu lebih karena tidak satu frekusensi.

“Bagi yang frekuensinya beda yah jarang ketemu, kalau frekuensinya sama, yah sering ketemu,” katanya bernada kelakar.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait