Ada Perbaikan Rel KA di Plosorejo Bandar Kedungmulyo, Lalin Jalur Nasional Tersendat

Petugas saat melakukan pengamanan perbaikan rel lintasan KA di Plosorejo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang.
  • Whatsapp

BANDAR KEDUNGMULYO, KabarJombang.com – Arus lalu lintas di jalur nasional Surabaya – Madiun di Jombang, Jawa Timur, tersendat dalam dua hari terakhir. Hal ini menyusul adanya perbaikan rel lintasan kerera api di Dusun Plosorejo Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo oleh petugas perkeretaapian.

Rel tersebut amblas sekitar beberapa centimeter dari aspal jalan diduga akibat tak kuat menahan beban berat kendaraan besar dan guyuran air hujan.

Baca Juga

Kepala Unit Patroli Satlantas Polres Jombang, Iptu Mulyani mengatakan, perbaikan ini dijadwalkan akan berlangsung dalam dua hari kedepan. Dia pun tak menampik arus lalu lintas di jalur tersebut sempat terganggu. Hanya saja, hal ini sudah teratasi dengan sistem buka tutup oleh sejumlah petugas.

“Jadi memang relnya ambles makanya ini diperbaiki, agar tidak membahayakan pengguna jalan, dalam dua hari kedepan pekerjaannnya, kami berlakukan buka tutup kanan-kiri, merayarap yang dari arah barat sampai pom bensin Bandar, tapi kami pastikan tetap aman dan lancar,” terang Mulyani, melalui ponselnya, Selasa (11/2/2020).

Berdasarkan pantauan, amblesnya rel kereta api di lintasan KA Dusun Plosorejo ini cukup parah dan menghambat kendaraan yang kebetulan dengan melintas di jalur tersebut. Kondisi ini pun cukup membahayakan pengguna jalan utamanya pemotor.

Selain aspal jalan mengelupas dan rusak, bantalan rel juga mengalami amblas hingga beberapa centimeter. Lintasan KA tersebut merupakan rel jalur ganda (doble track) yang baru saja dioperasikan beberapa bulan lalu.

“Aspalnya akan diangkat dan ditinggikan, kemudian diuruk, setelah padat baru nanti diuruk,” terangnya.

Terpisah, Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko memastikan bahwa pengerjaan atau perbaikan rel di lintasan Ka Bandar Kedungmulyo ini tak menganggu perjalanan kereta baik dari arah Madiun menuju ke Jombang atau sebaliknya.

“Perjalanan kereta api tetap aman dan lancar,”pungkas Ixfan.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait