by

Truk Tangki Terguling, Ribuan Liter Pupuk Cair Tumpah Hingga Masuk Rumah Warga

KABARJOMBANG.COM – Diduga tak kuat menahan ribuan liter pupuk cair atau tetes, truk tangki gandengan, terguling di Jalan Raya Soekarno Hatta, Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jumat (19/1/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

Truk yang dikendarai Supandi (58), warga Desa Jajar, Kemacatan Wates, Kabupaten Kediri itu, terbalik dan mengalami kerusakan parah. Tak hanya itu, muatan pupuk cair tumpah ke jalan raya hingga masuk ke dalam rumah warga, mencapai ketinggian 3 sentimeter.

Dari informasi yang dihimpun, kejadian itu terjadi bermula, truk tangki bermuatan 14 ribu liter pupuk cair itu berjalan dari Mojokerto menuju ke Kediri. Setibanya di lokasi, as roda truk di bagian belakang tiba-tiba patah dan sempat terseret hingga terguling ke jalan.

“Awalnya, perjalan lancar-lancar saja. Tidak ada tanda-tanda kerusakan. Tapi, tiba-tiba as roda patah di jalan ini. Pupuk cair pun tumpah,” kata Supandi.

Supandi mengatakan, pupuk cair tersebut diambil dari pabrik penyedap masakan di Mojokerto. Rencananya, hendak dikirim ke Kecamatan Kandat, Kediri. “Seluruhnya berisi sebanyak 28 ribu liter, masing-masing atau depan-belakang memuat 14 ribu liter.

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana menjelaskan, kecelakaan terjadi akibat truk tak kuat lagi menahan beban muatan hingga mengalami patah di bagian as roda. “Diduga, beban terlalu berat, hingga roda as truk patah,” ungkapnya.

Akibat peristiwa tersebut, kondisi jalan sempat tersendat dan diurai petugas kepolisian yang berada di lokasi. (aan/rief)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya