by

TPS Berornamen Sampah Botol Plastik, Berharap Kurangi Golput

KABARJOMBANG.COM – Ada berbagai cara yang dilakukan petugas untuk bisa memikat peminat pemilih dalam perhelatan Pilkada 2018 secara serentak di sejumlah daerah.

Seperti yang terlihat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01, Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Di TPS ini, tampak sejumlah botol plastik yang ditumpuk dengan menggunakan lem, hingga berbentuk nyaris seperti kursi dan beberapa perabotan rumah tangga.

Nah, botol plastik bekas sampah ini, juga disulap untuk menjadi dekorasi pintu masuk TPS. Selain itu, botol sampah plastik juga tampak digunakan sebagai pagar masuk TPS, serta rambu-rambu menuju jalan masuk ke dalam TPS.

“Memang, sengaja kita gunakan sampah botol plastik sebagai daya tarik, agar warga datang dan memberikan hak pilihnya,” ujar Sucipto, KPPS Kelurahan Kaliwungu, Rabu (27/6/2018).

Menurutnya, dekorasi dengan menggunakan sampah botol plastik, selain untuk mengurangi sampah plastik, juga untuk meminimalisir adanya warga yang tidak menggunakan hak suaranya alias Golput (golongan putih).

“Ya, kalau warga tertarik dengan TPS, kan minimal mereka datang, dan bisa memberikan hak suaranya. Otomatis, ini menyadarkan soal demokrasi dan tidak Golput,” terangnya. (ari/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya