Siswa SMK Unggulan NU Mojoagung Sabet Juara I Kejurnas Silat Pagar Nusa

Ahmad Alam Tazulladuni bersama medali Kejuaraan Nasional Pencak Silat Pagar Nusa.
  • Whatsapp

MOJOAGUNG, KabarJombang.com – Satu lagi prestasi yang membanggakan ditorehkan pelajar asal Jombang, Jawa Timur, dalam kejuaraan nasional, Sabtu (18/1/2020). Dia adalah Alam Tazulladuni, Siswa kelas XI jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Unggulan Nahdlatul Ulama (NU) Mojoagung.

Alam berhasil menyabet Juara I Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Kelas D Remaja Putra dalam Kejuaraan dan Festival III Pagar Nusa yang berlangsung di Jakarta, pada 03 – 07 Januari 2020 lalu.

Baca Juga

Meski merasa senang, namun Alam mengaku tidak pernah menyangka bakal bisa menjadi juara. Sebab, menurutnya lawan-lawan yang dihadapinya lumayan kuat.

Namun, untuk meraih juara tersebut, remaja kelahiran Banyuwangi, 25 Juni 2002 ini mengaku menyiapkan diri dengan latihan fisik dan mental sebelum mengikuti kejuaraan tersebut.

“Latihan fisik sama mental,” ucap Alam.

Alam sebelumnya mengikuti kegiayan extra bela diri silat di sekolah bersama kawan-kawannya selama tiga tahun terakhir.

Agar bisa menjadi seperti dirinya, ia berpesan kepada kawan-kawan seperguruan agar tetap semangat dan istoqomah dalam berlatih. Dia sendiri mengaku ingin mengikuti pertandingan silat yang lebih tinggi lagi levelnya.

“Ingin, ingin ke jenjang yang lebih tinggi,” tutur Alam

Sementara, guru pelatih dari Alam, Haudil Ulum mengaku sudah melihat bakat fisik yang dimiliki oleh Alam. Sehingga dirinya pun mengarahkan Alam untuk mengikuti latihan Pencak Silat di sekolah itu.

“Ternyata di awal kegagalannya, dia ingin menang setelah kegagalan itu. Pertama dulu ada kejuaraan open di Malang, dia sempat kalah dan fatal sekali kalahnya. Setelah itu, ada motivasi sedikit dari saya dan teman-teman yang lain kok Si Alam ini mau maju dan berkembang lagi dan mau berlatih lebih keras lagi,” bebernya.

Setelah meraih Juara Nasional pada ajang Kejuaraan dan Festival III Pagar Nusa ini, Haudil Ulum mentargetkan agar Alam bisa ikut Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pekan Olahraga Nasional (PON) dan lintas perguruan silat.

“Karena dilihat dari kemampuan Alam, Insya Alloh sudah mumpuni untuk menghadapi lawan-lawan dari perguruan yang lain,” tandasnya.

Atas prestasi yang diraih oleh Alam ini, pihak sekolah memberikan sejumlah apresiasi, salah satunya dalam bentuk bea siswa pendidikan.

“Penghargaan dari sekolah, ada bea siswa pendidikan, yang kebetulan Alam ini sudah juara dari Kejurda sampai Kejurnas, sehingga pembiayaan selama di SMK ini mulai kelas 1 sampai sampai kelas 3 telah dibebaskan, termasuk Ujian Nasionalnya, disamping ada penghargaan yang lain dalam bentuk finansial yang lainnya,” pungkas Zaenal Ma’arif, Kepala Sekolah SMK Unggulan NU Mojoagung, Jombang.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait