by

Sasar Pemulung, IJTI Kurbankan Kambing di Tempat Pembuangan Sampah

KABARJOMBANG.COM – Puluhan senyuman manis nampak di wajah pemulung yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, Dusun Gedangkeret, Desa Banjardowo, Kabupaten Jombang, Sabtu (2/9/2017).

Dengan terpaku, mereka menyambut hangat perayaan hari raya Idhul Adha yang dilakukan di lingkungan sampah, tempat mereka bekerja.

Betapa tidak, teriakan kambing kurban menggugah semangat mereka untuk merasakan empuknya daging kambing yang dikurbankan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Pimpinan Daerah Muhammadyah dan Aisyiyah Kabupaten Jombang.

Sebanyak tiga kambing berukuran besar, tampak berjejer siap untuk disembelih. Dagingnya bakal dibagikan kepada puluhan pemulung dan pasukan kuning di lokasi pembuangan sampah setempat.

“Sengaja kurban kita alihkan ke sini, sebab selama ini tidak ada penyembelihan yang dilakukan di tempat ini (TPA),” ujar Muktar Bagus, Ketua IJTI Korda Majapahit.

Maksudnya, agar seluruh warga sekitar yang berprofesi sebagai pemulung sampah bisa merasakan nikmatnya daging kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha. Pasalnya, selama ini mereka tidak sepenuhnya bisa menikmati daging di area pembuangan sampah.

Seperti yang dikatakan Saipud (45), salah satu pemulung saat ditemui di lokasi. Menurutnya, selama ini memang tidak ada kurban yang secara langsung disalurkan kepada para pemulung. Meskipun ada, mereka hanya dibagikan daging dengan volume terbatas.

“Baru kali ini ada kurban yang dilakukan disini. Alhamdullah, kami merasa senang, nanti bisa dimasak di rumah,” katanya.

Penghasilan sebagai pemulung yang tak seberapa, menjadi kendala mereka jarang menikmati gurihnya daging hewan yang relatif mahal. Setidaknya, ada sekitar 100 kantong daging kambing yang dibagikan kepada pemulung dan petugas kebersihan di TPA milik Pemkab Jombang ini. (aan/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya