Rawon Klenteng Mojoagung, Kuliner Nikmat Murah Meriah

Sajian rawon klenteng di Mojoagung, Jombang. (Ft: Daniel).
  • Whatsapp

MOJOAGUNG, KabarJombang.com – Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur dengan bumbu utamanya buah  ‘kluwek’. Makanan dengan rasa gurih yang disajikan dengan sambel cabe dan tauge ini membuat banyak orang ketagihan.

Salah satu warung yang menyuguhkan santapan rawon enak dan murah meriah adalah Rawon Klenteng di Kademangan, Mojoagung, Kabupaten Jombang.

Baca Juga

Warung berlabel ‘Rawon Klenteng’ ini sudah ada sejak tahun 1990 dikelola pasangan suami istri Muhaimin dan Romlah. Nama Klenteng dikarenakan lokasinya yang berada di sebelah Klenteng Mojoagung.

Menurut Romlah, rawon yang disajikan di warungnya memiliki citra rasa yang tak jauh berbeda dengan rawon lainnya. Hanya saja olahan daging yang disajikan di olah dengan cara ditumbuk.

“Banyak pembeli atau pelanggan disinj mungkin karena harganya murah meriah. Sehingga terjangkau bagi semua kalangan,” ungkapnya. Kamis (29/10/2020).

Harga sepiring nasi rawon hanya sebesar Rp 10 ribu, tampilan satu piring rawon terdiri dari daging tumbuk, tempe goreng, sambal, tauge, serta krupuk uyel.

Dengan harga yang ekonomis, tak heran banyak pengunjung yang mampir ke tempat ini. Bahkan sampai-sampai tak kebagian tempat duduk. Selain menyediakan rawon sebagai menu andalan, di warung ini juga menyediakan nasi rames, kare, dan soto dengan harga yang sama yakni Rp 10 ribu.

Seorang penjaga warung “Rawon Klenteng” Dwi  mengatakan,  pembeli yang datang hingga dari berbagai daerah baik dari  Jombang sendiri maupun luar  Kabupaten Jombang.

“Pengunjung di sini jauh jauh, nggak hanya orang sini saja. Bahwa sempat ada pembeli dari luar negeri hingga membungkus juga,” ucapnya.

Menurut Dwi, warung rawon klenteng padat pembeli ketika hari Minggu, hasil penjualannya bisa mencapai Rp 13 hingga Rp15 juta per hari. Sedangkan dihari biasa penjualanya mendapatkan Rp 9 juta.

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait