Pelajar SDI Makarimul Akhlaq, Juarai MHQ Tingkat SD/Sederajat se-Jombang

Gabriel Omar, pelajar SD Islam Makarimul Akhlaq, yang menjuarai MHQ tingkat SD/Sederajat se-Jombang, yang digelar Takmir Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang pada 25 Nopember 2017 lalu. (FOTO: RIEF)

KABARJOMBANG.COM – Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) tingkat SD/Sederajat se-Kabupaten Jombang dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW, menjadi torehan manis bagi Sekolah Dasar (SD) Islam Makarimul Akhlaq, Gerdulaut, Desa Blimbing, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang.

Pasalnya, salah satu pelajar terbaiknya, Gabriel Omar Fadh Makarim (9), berhasil menyabet Juara 1 Lomba MHQ yang digelar di Masjid Agung Baitul Mukminin, Jombang, pada Sabtu (25/11/2017).

Kemampuan menghafal Al-Quran yang dimilikinya, Omar -sapaan akrabnya- berhasil menyisihkan 47 peserta lain, wakil dari SD, MI, TPQ Ponpes dan Panti Asuhan se-Jombang, dan berhasil menjuarai ajang menghafal Al-Quran Juz 1 dan 30 untuk kategori putera ini.

Kepala SD Islam Makarimul Akhlaq, Sholichul Arif mengatakan, dari 4 lomba yang dihelat, SD Islam Makarimul Akhlaq hanya berpartisipasi di Lomba MHQ. Sementara untuk 3 lomba lainnya, yakni Qiroah, Adzan, dan Diba’ tanpa alat musik, pihaknya tidak mengeluarkan wakilnya.

Dikatakannya, dalam ajang MHQ tersebut, ada dua materi yang diberlakukan dewan juri untuk dibacakan secara lancar dan fasih oleh seluruh peserta, yakni sambung ayat dan membacakan surat full. “Dan Alhamdulillah, anak didik kami mampu melewati itu semua, dan berhasil menjuarai lomba MHQ tersebut,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (02/12/2017).

Menurutnya, torehan prestasi bergengsi tersebut, tidak akan didapat tanpa kerjasama semua pihak yang terlibat di sekolah, terutama peran orang tua dalam mendampingi belajar serta mendoakan sang anak.

Selain itu, adanya program Tahfidz Khusus yang sudah berjalan di sekolah tersebut. Untuk program ini, lanjutnya, diikuti oleh anak didik yang membaca (Tartil) Al-Quran-nya sudah lancar.

“Ini merupakan prestasi luar biasa dunia dan akhirat yang wajib kita syukuri. Disamping itu, ini juga akan memotivasi anak didik maupun orang tua lainnya, agar barpacu dalam prestasi, terutama Al-Quran,” ungkapnya. (rief/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here