Peduli Keselamatan Lalu Lintas, IJTI dan Polisi Bagi Helm serta Takjil

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana, saat membagikan helm dan memakaikannya kepada pengendara roda dua. (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Banyaknya kecelakaan lalu lintas, membuat kepedulian tersendiri oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Koorda Majapahit, serta Satlantas Polres Jombang.

Untuk mengantisipasi adanya Laka lantas, polisi serta beberapa wartawan televisi ini membagikan helm gratis kepada pengendara roda dua yang melintas di kawasan Jalan Wahid Hasyim, Kamis (1/6/2017).

Tak hanya helm, pembagian takjil kepada masyarakat yang akan berbuka puasa, juga dilakukan polisi dan wartawan televisi. Tentu saja, event tersebut menyedot antusias pengendara yang melintas di lokasi pembagian.

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana mengatakan, pembagian helm ini merupakan langkah pihaknya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sebab selama ini, penyumbang Laka lantas terbanyak didominasi pengendara sepeda motor.

“Masih minimnya kesadaran masyarakat terhadap keselamatan berkendara, membuat kita harus terus melakukan sosialisasi. Di bulan puasa ini, kita berbagi helm, serta takjil bagi pengendara yang masih berada di jalanan menjelang buka puasa. Sebab di waktu-waktu seperti itu, pengendara banyak yang tergesa – gesa untuk segera berbuka. Nah, takjil ini mungkin bisa membatalkan puasa mereka, sehingga mereka tidak gegabah saat masih berkendaraa,” katanya saat ditenui di lokasi.

Sementara itu, Ketua IJTI Koorda Majapahit, Muktar Bagus mengatakan, kepedulian wartawan terhadap kecelakaan lalu lintas, merupakan dasar pihaknya melakukan aksi tersebut. Selain itu, selama ini wartawan disibukan dengan peliputan terkait kecelakaan, maupun angka kecelakaan yang terjadi. Sehingga, terkadang sebagai pekerja jurnalis melupakan untuk memberitakan tema tentang keselamatan bagi masyarakat.

“Ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang ada di Kabupaten Jombang. Apalagi, profesi kami sebagai perkerja jurnalistik terkadang lupa untuk memberitakan terkait keselamatan kepada pengguna jalan. Momentumnya kita pilih saat Ramadhan, sebab dalam bulan ini volume kendaraan semakin tinggi menjelang datangnya perayaan Hari Raya Idul Fitri,” pungkas wartawan televisi senior ini. (aan/kj)

LEAVE A REPLY