Menu Lawas Sego Lodeh Keras, Diburu Pencinta Kuliner

Sepiring sego lodeh warung milik Karsini di Desa Keras, Diwek, Jombang (Foto: DianaKN).
  • Whatsapp

DIWEK, KabarJombang.com- Sego (nasi) lodeh dengan disediakan pilihan menu lawas. Diantaranya ikan asin yang identik dengan makanan orang jzaman dahulu.

Sego lodeh yang menggugah selera dan banyak diburu pencinta kuliner ini ada di warung Desa Keras, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Baca Juga

Warung milik Karsini (53) hanya menyediakan satu pilihan nasi saja yaitu sego lodeh. Namun membuat menarik oleh pembeli adalah pilihan menu lauk ikan asin yang menjadi paduan cocok dengan sepiring sego lodeh.

Beberapa ikan asin dengan dilumuri tepung yang disediakannya adalah ikan asin berwarna putih, ikan klotok, dan pindang. Pembeli bisa bebas memilih ikan mana yang akan dijadikan pendamping sego lodehnya.

Seorang  pembeli menuturkan, sengaja datang ke warung tersebut karena hanya di tempat itu ia menemui sajian sego lodeh yang lengkap dengan menu lawas.

“Sering kesini, di tempat lain gak ada yang sego lodehnya tambahan ikannya pakai pilihan macam-macam ikan asin. Kalau lainnya kan yang ada pakai lauk daging dan jeroannya sapi.”tutur Wulyanto (55) warga Diwek saat makan di warung tersebut.

Menurut Wulyanto selain menu lauk yang beda dari sego lodeh lain, adalah cita rasa sayur lodeh yang menurutnya juga enak dan sedap.

“Rasa sayur lodehnya enak dan sedep masakannya. Apalagi ditambah sama ikan klotok makin menambah selera makan.”katanya.

Karsini sendiri pun mengungkapkan bahwa memang hanya berjualan sego lodeh dengan menu lawas yaitu macam-macam ikan asin agar berbeda dengan kebanyakan penjual sego lodeh.

“Memang sengaja jualnya ya sego lodeh saja. Dan menu lauknya biar kayak orang dulu itu kan lodeh terus ikannya ikan asin, klotok, pindang gitu. Lha kalau daging-daging itu cocoknya soto rawon gitu.”ungkap Karsini.

Diakuinya, bahwa pembeli yang mampir untuk makan ke warungnya sudah darimana-mana yang ada di Kabupaten Jombang dengan harga yang terjangkau.

“Pembelinya sudah darimana-mana, pernah ada yang dari Perak, Megaluh kesini cari lodeh ini. Dulu jaman bupati sebelumnya juga sering makan disini. Kalau harga seporsi Rp 7 ribu. Ikan asinnya tergantung besar kecilnuya seribu sampai dua ribu.”pungkasnya.

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait