by

Menanti Puncak Haul Gus Dur, Ribuan Peziarah Mulai Padati Ponpes Tebuireng

KABARJOMBANG.COM – Menjelang peringatan Haul Gus Dur ke-8, ribuan peziarah di sejumlah nusantara mulai memadati pemakaman Presiden RI ke-4 ini di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Kamis (28/12/2017).

Seperti yang terlihat di lorong-lorong menuju makam Gus Dur. Meski masih terkunci rapat untuk persiapan kegiatan haul. Namun, para perziarah masih terlihat memadati sejumlah lokasi ziarah.

Setyabudi, salah satu perziarah mengatakan, dirinya sengaja datang terlebih dahulu untuk mengikuti acara sebelum puncak haul. “Sengaja datang lebih dahulu untuk mengikuti acara haul,” terang pria asal Kecamatan Ploso, Jombang ini.

Tak hanya bakal dipadati ribuan pengikutnya, Haul KH Abdurahman Wahid ini juga bakal dihadiri sejumlah tokoh-tokoh penting, seperti Khofifah Indar Parawansah, Rizal Ramli, serta Mahfud MD.

Seperti yang dikatakan Iskandar, salah satu pengurus Ponpes Tebuireng Jombang. Menurutnya, menjelang peringatan Haul Gus Dur pada malam nanti, hingga saat ini sejumlah persiapan sudah mencapai 98 persen.

Ia juga memastikan, pada puncak haul nanti malam bakal dihadiri orang lebih dari 7 ribu undangan. Sebab, untuk undangan VIP, panitia menyiapkan sebanyak 500 undangan. Sementara, untuk undangan umum mencapai 6 ribu undangan.

“Nah, untuk persiapan ini sudah kita siapkan dengan sangat matang. Sehingga kita menyakini acara ini bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sebelum peringatan puncak Haul Gus Dur, sejumlah kegiatan sudah dilakukan dari pagi hingga sore. Kegiatan tersebut seperti khataman Al-Quran hingga seribu rebana. (aan/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya