Lapar dan Kepanasan, Puluhan Peserta Upacara HUT RI di Alun-alun Jombang, Tumbang

Puluhan peserta ucapara HUT Kemerdekaan RI, yang tumbang, saat dirawat petugas medis, Kamis (17/8). (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Puluhan peserta upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72 yang dilaksanakan di Alun-alun Jombang, tumbang, Kamis (17/8/2017) siang.

Diduga, mereka jatuh pingsan akibat tak kuat menahan sengatan matahari, serta kondisi perut yang lapar. Akibatnya, petugas medis yang berada di lokasi kuwalahan mengevakuasi peserta yang berjatuhan.

Pantuan di lokasi menyebutkan, upacara yang dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB itu, membuat peserta upacara kepanasan. Sebab, dengan cuaca yang panas, peserta yang didominasi pelajar ini tak bisa menahan sengatan matahari.

“Cuacanya memang panas. Ditambah lagi, saya belum sarapan, sehingga tak kuat ikut upacara,” terang Muhammad Arif (16) salah satu siswa asal SMA 2 Jombang yang dievakuasi petugas akibat pingsan.

Hal senada juga diutarakan Muhammad Hartaji, petugas medis yang berada di lokasi. Menurutnya, ada 50 peserta upacara yang dilakukan evakuasi, akibat tak kuat mengikuti upacara. Mereka ada yang pingsan, serta lemas akibat panasnya sinar matahari.

“Kemungkinan peserta terlalu lama menunggu pelaksanaan upacara. Sebab, mereka datang terlalu pagi. Pada saat pelaksanaan upacara, cuaca panas sekali, sehingga banyak yang pinsan. Beruntung, adanya angin bisa membantu mendinginkan cuaca yang panas. Dan mereka bisa kita tangani dengan baik,” Pungkasnya.

Seperti diketahui, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Jombang dilaksanakan di Alun-alun Jombang. Dengan inspektur upacara Bupati Jombang Nyono Suharli dan disaksikan puluhan warga Kabupaten Jombang. (aan/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here