Jalur Tol Jombang Hingga Surabaya Siap Jadi Jalur Mudik 2017

Jalan tol Jombang - Mojokerto siap dilalui arus mudik 2017. (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Jalur tol Jombang hingga Surabaya yang mencapai 70 kilometer, tampaknya siap untuk dilalui saat arus mudik Idul Fitri 2017 nanti. Kesiapan ini, seperti yang disampaikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Seperti di jalan bebas hambatan Jombang – Kertosono (Joker), yang sudah bisa digunakan sebagai jalur mudik lebaran. Meski begitu, sejumlah kebutuhan keamanan masih menjadi kekurangan jalur tol tersebut.

Selain itu, jalan tol sepanjang 40,5 kilometer yang terbagi menjadi empat seksi itu memiliki jalur operasional dan fungsional. Jalur operasional adalah ruas yang sudah dioperasikan secara resmi.

Sedangkan di seksi 3 yang menghubungkan Mojokerto (Kecamatan Jetis) dengan Mojokerto Barat (Kecamatan Gedeg). Bahkan ruas ini sudah terhubung dengan ruas tol Surabaya – Mojokerto (Sumo).

Sementara pada jalur fungsional Tol Joker masih dalam proses konstruksi. Jika dirinci, jalur fungsional ini, terdiri dari seksi 2 yang menghubungkan Jombang – Mojokerto Barat. Serta seksi 4 yang menghubungkan Kecamatan Bandar Kedungmulyo dengan batas barat Tol Joker (perbatasan wilayah Nganjuk – Jombang). Seksi 4 ini sekaligus menghubungkan Tol Joker dengan Soker (Solo – Kertosono).

“Hingga saat ini, kami berusaha semaksimal mungkin agar dapat difungsikan sementara selama arus mudik. Meski kemungkinan yang bisa digunakan satu jalur, sebab seksi 2 dan 4 merupakan jalur fungsional, karena proses pengerjaan belum tuntas seluruhnya. Kurang sekitar 80 persen. Untuk keputusan dapat difungsikan atau tidaknya seksi 2 dan 4 itu bukan dari kami, melainkan beberapa unsur pemerintah,” terang Ahmad Rifan Tsamany, Supervisior Gerbang Tol Joker, Selasa (13/06/2017). (aan/kj)

LEAVE A REPLY