by

Bulog: “Kerusakan Mutu Beras Rastra Bukan Kesalahan Kita”

KABARJOMBANG.COM – Usai ramai diberitakan, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Drive Surabaya Selatan, akhirnya melakukan pergantian terhadap sejumlah Beras Sejahtera (Rastra) yang diketahui sebelumnya berkualitas buruk, Selasa (17/4/2018).

Pergantian tersebut langsung diberikan kepada warga di RT 10 RW 4 Dusun/Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sedikitnya ada 20 karung yang memiliki kualitas buruk dan diganti oleh pihak Bulog.

“Ya kemarin kita sudah melakukan pergantian berasa yang sebelumnya memiliki kualitas buruk dan sudah kita ganti dengan kualitas beras mutu baik,” ujar Andri Adi Mijaya, Wakil Kepala Bulog Sub Drive Surabaya Selatan, Rabu (18/4/2018).

Ia menanggapi, adanya beras berkualitas buruk atau bermutu rendah merupakan bukan semata-mata kesalahan Bulog dalam menjaga kualitas beras, sebelum didistribusikan. Melainkan, adanya kesalahan teknis di lapangan usai beras didistribusikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), melalui pihak pemerintahan desa (Pemdes).

“Setelah kita cek, memang lokasi penimbunan beras saat usai kita dstribusikan ke kantor desa memang tidak sesuai strandar. Sehingga itu yang diduga menjadi penyebab penurunan mutu beras menjadi seperti itu. Tentu ini bukan semata-mata kesalahan kita. Sebab sebelumnya, saat distribusikan kita sudah melakukan pengecekan dan serah terima beras yang itu sudah dicek oleh penerima yakni pihak pemerintahan desa,” terang Andri.

Meski begitu, dirinya enggan menyalahkan pihak siapapun. Namun, agar tidak terulang kembali kedepan, pihaknya akan melakukan koordinasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pendistribusian beras, hingga bisa diterima KPM dalam keadaan mutu yang baik. “Kedepan, kita akan koordinasi dengan semua pihak terkait, agar peristiwa ini tidak terulang,” jelasnya. (aan/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya