by

Api Berkobar di Tengah Hutan Kabuh Jombang

KABARJOMBANG.COM – Panasnya api yang membakar hutan di Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dapat dirasakan di kulit. Panasnya cuaca, menambah sengatan api di tubuh orang yang melintas. Seperti itulah, pantuan kebakaran yang terjadi di tengah hutan yang berada di desa tersebut, Senin (12/9/2017).

Kebakaran terjadi sekitar Pukul 14.00 WIB. Diduga, api muncul dari percikan api yang diakibatkan putung rokok yang dibuang sembarangan. Tak ayal, belasan heaktar hutan kayu jati ludes dilalap di jago merah.

Meski api terus melalap ilalang kering, tak ada satupun warga ataupun petugas yang berani memadamkan api tersebut. Sebab, kencangnya angin membuat api terus menjalar ke lahan yang kering.

“Kemungkinan ini karena faktor kelalaian, sebab tidak mungkin jika hanya cuaca yang membuat hutan terbakar. Jelas ada sebabnya, entah itu putung rokok ataupun sebab yang lain,” kata Wakil Bupati Jombang Mundjidah Wahab yang mengetahui dengan mata kepalanya sendiri.

Adanya kebakaran tersebut, membuatnya angkat bicara untuk menghimbau masyarakat agar tidak sembarang membuang sesuatu yang bisa menjadi penyebab kebakaran hutan.

“Ya kita meminta agar siapapun yang berada di hutan bisa menjaganya. Sebab, jika kita lalai, maka kebakaran bisa terjadi dengan sebab apapun. Termasuk sisa putung rokok,” pesannya, Selasa (12/9/2017). (aan/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya