Kerupuk, Pelengkap Selera Segala Menu Makanan

Kerupuk. (Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com- Kerupuk merupakan makanan ringan dan sederhana yang dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa. Diantaranya seperti udang atau ikan

Kerupuk sebagai pelengkap dan penambah selera untuk disandingkan dari segala menu makanan.

Baca Juga

Makanan kerupuk ini juga populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai lauk hidangan dan sering dijadikan ajang perlombaan dalam peringatan Hari Kemerdekaan di Indonesia yang tak lengkap jika tanpa menggunakan kerupuk.

Ucapan KFM
iklan podcat Jombang
iklan Ramadhan bkad Jombang
iklan Ramadhan disdik Jombang
iklan Ramadhan Pupr Jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
iklan Ramadhan Satpol PP Jombang
iklan bank jombang kredit
iklan bank jombang nabung
iklan bank jombang

Jenis-jenis makanan kerupuk yang masih bertahan dari dulu hingga saat ini yakni:

  1. Kerupuk Uyel

Kerupuk uyel ini merupakan jenis kerupuk yang paling umum dan sering ditemui disetiap tempat mulai dari restoran, warung kelontongan, hingga penjual kerupuk keliling di desa-desa di Indonesia. Termasuk di Kabupaten Jombang, kerupuk dikemas mulai dari plastik dan toples besi yang khas berwarna biru.

Jenis kerupuk ini hingga kini juga masih bertahan dari zaman ke zaman. Serta sudah menjadi makanan ringan yang menjadi favorit masyarakat Jombang.

2. Kerupuk Udang

Kerupuk udang merupakan jenis kerupuk yang khas dengan aroma udangnya. Kerupuk ini dibuat dari tepung, rebon dan remah ikan asin serta dibumbui berbagai rempah yang biasanya sering dan pasti ditemukan pada acara-acara hajatan, baik hajatan sunat, aqiqah maupun pernikahan.

3. Kerupuk Asin Pasir

Kerupuk ini merupakan salah satu jenis kerupuk yang cara memasak atau menggorengnya dengan menggunakan pasir. Sehingga sehat dan bebas minyak, yang tak menghilangkan rasa dari kerupuk asin. Biasanya kerupuk asin pasir ini dimakan dengan dicelupkan solet atau sambal petis.

4. Kerupuk Puli

Kerupuk puli ini selain mantap disantap dengan menu makanan juga lezat sebagai cemilan. Kerupuk ini berbahan dasarkan beras dengan tekstur kasar, renyah, dan ringan.

5. Kerupuk Bawang

Jenis kerupuk bawang ini merupakan salah satu kerupuk yang memiliki warna warni dipinggir. Dengan campuran rempah-rempah pada kerupuk ini menjadikan rasa kerupuk semakin nikmat. Biasanya kerupuk jenis ini disajikan dalam menu seperti bubur ayam, soto, nasi uduk, nasi kuning, atau nasi goreng dan bisa juga dijadikan camilan.

 

 

 

 

 

Berita Terkait