Ingin Berwisata Saat Pandemi? Simak Tips Aman dari Dispar Jombang

liburan saat new normal
Ilustrasi
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Berwisata atau rekreasi merupakan hal paling dinanti-nanti setiap orang, baik bersama keluarga maupun teman. Biasanya, berwisata dilakukan setiap akhir pekan. Tak heran, jika di hari itu, banyak tempat wisata padat pengunjng.

Di masa transisi pandemi Covid-19, Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata Dinas Periwisata (Dispar) Kabupaten Jombang, Darmanto, berbagi tips aman berwisata menghabiskan waktu liburan.

Baca Juga

Pertama, mematikan kondisi tubuh sehat. Dikatakannya, sebelum berangkat berwisata, agar memastikan kondisi kesehatan. Jika tubuh kurang fit, mendingan ditunda dulu. “Karena di saat kurang enak badan, rentan terhadap virus karena imun sedang turun. Jika ini benar-benar dilakukan, kita tidak was-was,” ujarnya.

Kedua, menerapkan protokol kesehatan, Menurut Darmanto, hal ini sangat penting dilakukan baik bagi pengunjung maupun pengelola wisata. “Pengelola wisata wajib membuat aturan, jika pengunjung tak memakai masker, dilarang masuk. Selain itu, pengelola wajib menyediakan sarana cuci tangan dan hand sanitizer. Dan adanya pengawasan jaga jarak,” paparnya.

Selanjuntnya, lanjut Darmanto, memilih tempat wisata terbuka dan luas. Hal ini, merupakan anjuran pihaknya kepada masyarakat, agar tidak memilih lokasi wisata tertutup. Sebab, sirkulasi udara sangat bermanfaat bagi tubuh. Pengunjung dengan mudah menghirup udara segar serta mendapatkan sinar matahari yang cukup.

“Juga tempat wisata yang luas. Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung. Apalagi ketika hai libur. Jika tempat wisata yang dituju sempit, maka rentan penyebaran virus. Ini juga upaya jaga jarak berdasarkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Terakhir, kata Darmanto, hendaknya masyarakat memilih berwisata di kawasan atau daerah sendiri, untuk mengurangi risiko penyebaran virus Corona. Hal ini, juga akan memudahkan petugas medis melakukan tracing, seandainya ada yang terpapar Covid-19.

“Jika memang ingin berwisata di luar daerah, maka harus memastikan tingkat penyebaran virus Corona pada daerah yang dituju, apakah lebih kecil atau malah lebih tinggi,” tandasnya.

Pihaknya juga berharap, masyarakat bisa menyadari pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan menjalankannya. “Kita semua tentu berharap, Covid-19 segera sirna di muka bumi ini. Untuk saat ini, marilah kita mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

INSTAGRAM

Berita Terkait