Kosajo Hasilkan Karya Seni Jadikan Usaha di Jombang

Kegiatan Komunitas Seni Arek Jombang. (Foto: Daniel).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Kosajo (Komunitas Seni Arek Jombang) merupakan komunitas yang bergelut dalam bidang kesenian.

Komunitas yang berdiri sejak 23 Desember 2018 ini menaungi kesenian secara global. Diantaranya meliputi seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni pertunjukan.

Baca Juga

Kosajo terdiri dari 100 lebih anggota. Mulai dari anak kecil hingga orang tua. Founder Kosajo Ofi Irmawati mengatakan, awal mula berdirinya karena insiatif teman satu pondoknya.

Setelah melalui berbagai pertimbangan maka anggotanya diperluas menjadi berbagai daerah dari Jombang. Selain itu yang tujuan awalnya hanya wadah sharing, akhirnya menjadi sebuah komunitas.

Event pertama yang digelar Kosajo yakni pada tanggal 6 Januari 2019 dengan mengusung pertunjukan seni rupa.

“Disini kita belajar bersama, berbagi bersama yang awalnya kita gak bisa apa akhirnya jadi bisa” tutur Ofi pada KabarJombang.com, Senin (1/9/2020)

Dikatakan juga, dari mengikuti komunitas seni arek Jombang dapat menghasilkan karya dan di jadikan sebuah usaha. Sehingga ilmu dari komunitas ini bisa diterapkan sendiri pada usaha ataupun hanya sekedar menambah wawasan.

“Kita juga sering diajak kerjasama untuk pameran atau sejenisnya. Salah satu contohnya kerja sama dengan Dewan Kesenian Jombang,” lanjutnya.

 Sinau Seni dan Silahturahmi Seni

Sinau Seni dan Silahturahmi Seni merupakan program kerja dari Kosajo, program kerja tersebut dilakukan setiap bulan secara bergantian.

Dilihat dari namanya kegiatan ini mengusung pembelajaran secara bersama sama dengan fokus kesenian. Seni yang diambil dalam setiap kegiatan tergantung pada keinginan para anggota mulai dari seni rupa sampai seni pertunjukan.

Kegiatan ketika adanya pandemi corona sinau seni diadakan secara virtual bahkan pameran juga digelar secara online.

“Ketika pandemi ini kami pelaksanaanya melalui media instragan. Jadi ada siaran langsung,” kata Ofi.

Berbeda dengan sinau seni, kegiatan silahturahmi seni diadakan dengan kunjungan ke para seniman yang ada di Jombang. Kegiatan ini melibatkan sejumlah anggota dan menggandeng kerjasama dengan berbagai pihak.

“Kemarin kita melakukan kunjungan ke guru seni tari. Kita di sanggarnya juga diajarkan cara menari,” ungkapnya.

Selain program kegiatan tersebut masih ada kegiatan la innya seperti pameran dan anniversary. Dikatakan, kegiatan yang paling besar yang pernah dilakukan nya ketika ulang tahun yang pertama.

“Tentunya manfaat mengikuti Kosajo itu yang utama itu relasi ya, Semoga Kosajo semakin eksis,” pungkasnya .

 

 

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait