Kebaya Karya Wong Jombang Tembus Pasar Internasional, Begini Sepak Terjangnya

Beberapa hasil karya Akhmad Jazuli di gallery bajunya. (Foto: DianaKN)
  • Whatsapp

TEMBELANG, KabarJombang.com – Selain dikenal dengan Kota Santri, Jombang juga memiliki putra daerah yang berkarya membuat kebaya, jas, dan sandal pengantin yang sudah dikenal sampai pasar Internasional.

Dia adalah Akhmad Jazuli (43) warga Desa Pulogedang, Kecamatan Tembelang. Tak hanya psar lokal, karyanya bahkan dikenal sampai mancanegara. “Alhamdulillah sudah dikenal sampai luar negeri. Singapura, Malaysia, dan paling banyak Hongkong.” Ungkap Jazuli pada KabarJombang.com, Minggu (6/9/2020).

Baca Juga

Selain itu, hasil karyanya itu juga dipesan oleh beberapa stasiun televise swasta besar di Indonesia pada ajang dangdut.

“Baru-baru ini ada pesanan jas yang dialamatkan ke stasiun TV swasta di Jakarta. Katanya sih akan dipakai salah satu perwakilan dari Jambi. Kalau di Indonesia sendiri ya sudah kirim dari Sabang sampai Merauke,” tambahnya.

Mengenai harga hasil karyanya, dia mengaku harga bervariasi, disesuaikan dengan model dan tingkat kesulitan dari karya yang akan dibuat. “Ya macem-macem kalau harganya, tergantung dari modelnya seperti apa, tingkat kesulitannya seperti apa. Patokanya gitu,” ungkap salah satu designer asal Jombang ini.

Untuk pemasaran produknya, dia mengaku berawal dari “getok tular” alias dari mulut ke mulut. Kemudian, dengan maraknya dunia internet, dia kemudian memanfaatkan media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Namun sayangnya, kata Jazuli, di masa pandemi Covid-19, pesanan produknya turun hingga 75 persen bahkan lebih, karena masih dilarangnya orang untuk melakukan hajatan pernikahan.

“Pesanan turun bahkan kalau dibilang 75 persen itu lebih. Banyak karyawan menganggur. Tapi ini mulai diperbolehkan kembali hajatan, jadi sedikit demi sedikit kita berkarya lagi,” pungkasnya.

INSTAGRAM

[iscwp-slider username="kabarjombangdotcom" dots="false" limit="5" popup="true" popup_gallery="false" show_likes_count="false" instagram_link_text="Ikuti Instagram"]

Berita Terkait