Kiat Menerapkan Succession Planning untuk Pengembangan Perusahaan di Masa Depan

Succession Planning untuk Pengembangan Perusahaan LinovHR
Kiat Menerapkan Succession Planning untuk Pengembangan Perusahaan. (Ilustrasi/Intoo)
  • Whatsapp

KabarJombang.comSuccession planning adalah salah satu bentuk mempersiapkan bisnis perusahaan Anda di masa depan. Beberapa orang menganggap bahwa perencanaan ini dapat membawa banyak manfaat bagi perusahaan di masa yang akan datang.

Succession planning sangat penting untuk diaplikasikan pada perusahaan.  Perencanaan ini bisa menjadi salah satu bentuk antisipasi dalam menghindari hilangnya kandidat terbaik di perusahaan.

Baca Juga

Hal tersebut disebabkan karena perencanaan ini tidak hanya berfokus pada bisnis perusahaan, melainkan hal-hal yang berdampak besar dalam jangka waktu yang panjang, seperti mempertahankan karyawan melalui strategi tertentu.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat menyusun succession planning di perusahaan? Simak ulasannya pada tulisan di bawah ini.

Pengertian Succession Planning

Succession Planning adalah sekumpulan strategi dan rencana yang dibuat oleh pemilik perusahaan untuk mengembangkan potensi, talenta, dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap karyawan untuk memudahkan perusahaan dalam menentukan calon pemimpin terbaik untuk periode selanjutnya.

Umumnya, perencanaan dan penyusunan ini dilakukan oleh tim Human Capital Management untuk meminimalisir kesalahan dalam memilih calon pemimpin yang dapat berdampak pada kerugian perusahaan.

Succession Planning sangat cocok diaplikasikan pada berbagai jenis perusahaan, baik perusahaan besar maupun perusahaan rintisan atau startup. Perencanaan ini dapat membentuk calon-calon pemimpin terbaik sesuai dengan harapan perusahaan melalui kemampuan, keterampilan, keahlian, serta kompetensi yang dimiliki oleh karyawan.

Langkah Kunci untuk Menerapkan Succession Planning di Perusahaan

Berikut adalah langkah kunci dalam membuat succession planning di perusahaan yang bisa memudahkan Anda dalam proses pembuatannya.

Menentukan Calon Pemimpin

Menentukan calon pemimpin  di perusahaan Anda bisa menjadi salah satu langkah awal untuk membuat succession planning perusahaan Anda di masa depan.

Anda bisa menentukannya dengan cara melakukan pelatihan leadership, pengembangan skill dan potensi yang ada, serta menyesuaikan calon dengan kriteria yang telah ditentukan oleh tim HRM.

Untuk memudahkan proses ini, perusahaan bisa menggunakan bantuan teknologi seperti aplikasi HRD LinovHR untuk memantau kompetensi setiap karyawan di perusahaan.

Kompetensi karyawan dapat menjadi salah satu indikasi cocok atau tidaknya seorang karyawan tersebut untuk menjadi calon pemimpin perusahaan pada masa jabatan selanjutya.

Pergantian Kepemimpinan

Pergantian kepemimpinan dapat dilakukan ketika perusahaan berhasil menemukan calon pemimpin barunya. Setelah itu, pemimpin lama dapat menyerahkan jabatan, tugas, dan tanggung jawabnya kepada pemimpin baru.

Merekrut Tenaga Profesional

Merekrut tenaga profesional dapat membantu perusahaan dalam membimbing, mengarahkan, dan melatih pemimpin baru yang dirasa belum memenuhi kompetensi yang diharapkan. Langkah ini bisa Anda jadikan sebagai langkah opsional ketika succession planning dilakukan secara tiba-tiba.

Menerapkan Hasil Training dari Calon Pemimpin Baru

Setelah melakukan beberapa bimbingan, pelatihan, dan pembekalan, kini saatnya untuk mengimplementasikan ilmu yang telah mereka dapatkan. Idealnya, para calon pemimpin harus bergabung ke dalam sebuah diskusi yang diisi oleh sekelompok praktisi bisnis untuk membahas seputar bisnis dari masing-masing praktisi untuk menambah wawasan terkait bagaimana cara mengembangkan sebuah bisnis.

Sebelum benar-benar menjabat, calon pemimpin harus dituntut untuk terjun langsung untuk bisa merasakan dan memahami bagaimana cara mengelola bisnis melalui pembelajaran secara empiris atau berdasarkan pengalaman yang mereka alami sendiri.

Calon-calon pemimpin bisa memahami bagaimana cara mengelola bisnis disaat-saat genting dan bagaimana cara untuk membangkitkan bisnis perusahaan setelah masa-masa genting tersebut.

Untuk menunjang proses suksesi yang efektif, perusahaan bisa mendukungnya dengan menyediakan sistem yang dapat menunjang implementasi dari perencanaan suksesi ini secara menyeluruh.

Anda mungkin memerlukan aplikasi berupa software HRD yang bisa membantu pengelolaan karyawan Anda jadi jauh lebih efektif dan lebih baik. Berdasarkan penjelasan diatas, sudahkah perusahaan Anda siap untuk melakukan succession planning?

Source: https://www.linovhr.com/apa-itu-succession-planning/

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait