by

Begini Cara Santri Jombang, yang Prihatin Gempa Bumi di Lombok

KABARJOMBANG.COM – Terjadinya musibah bencana gempa bumi berkekuatan 6,8 skala richter (SR) yang dialami warga di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), beberapa waktu lalu, menyisakan kepedihan tersendiri bagi santri dan santriwati di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Dengan mengenakan songkok dan sarung atau celana, para santri dan santriwati di Pondok Al-Aqobah, Desa Keras, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, menggelar Sholat Gaib di Ponpesnya. Diikuti guru yang ada di sekolah, para santri menggelar sholat gaib dengan beralaskan tikar plastik.

Tak urung, ratusan santri terlihat khusyuk saat mengikuti sholat. Tak hanya sholat gaib saja, para santri juga menggelar doa bersama yang ditujukan kepada keluarga korban bencana yang terjadi di Lombok. Mereka berharap para keluarga bisa tabah menghadapi musibah yang terjadi.

“Hari ini, kita sengaja menggelar sholat gaib bagi seluruh korban bencana gempa yang terjadi di Lombok. Para santri dan satriwati turut berduka,” ujar Munandar, salah satu pengurus Pondok Pesantren, Senin (6/8/2018).

Rencananya, para santri juga akan menggalang dana untuk bisa membantu para korban bencana yang saat ini masih dilanda duka mendalam.

“Kita akan menggalang dana untuk bisa memberikan bakti sosial kita kepada saudara kita yang terkena bencana. Secepatnya, akan kita bentuk panitia untuk mengkoordinir dana yang akan disumbangkan,” jelasnya. (ari/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya