Awal Agustus 2020, Pasar Peterongan Kembali Dibuka Normal

Suasana audiensi pedagang Pasar Peterongan dengan Komisi B dan Disperindag di ruang paripurna DPRD Jombang.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Pedagang Pasar Peterongan, Kabupaten Jombang, bisa bernapas lega. Rencananya, pasar tradisional ini kembali dibuka normal pada Sabtu, 1 Agustus 2020 mendatang.

Sekedar mengingatkan, Pasar Peterongan sempat ditutup selama 3 hari yakni Kamis hingga Sabtu, 4 – 6 Juni 2020, lantaran ditemukan sejumlah pedagang terkonfirmasi postif Covid-19. Lalu, pada Minggu 7 Juni 2020, pasar ini dibuka namun diberlakukan system ganjil genap. Di mana, pedagang berjualan secara bergiliran sesuai nomor yang didapat apakah ganjil atau genap.

Baca Juga

Kepastian dibukanya kembali Pasar Peterongan ini, didapat dari hasil RDP (Rapat Dengar Pendapat) antara perwakilan pedagang Pasar Peterongan didampingi Forum Rembuk Masyarakat Jombang (FRMJ) dengan DPRD Komisi B, serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Jombang, pada Kamis (30/7/2020) pagi.

Kepala Disperindag Jombang, Bambang Nurwijanto, kepada awak media menandaskan, Pasar Peterongan akan dibuka normal mulai Agustus 2020. Hanya saja, pembukaan tersebut berlangsung secara bertahap, karena masih akan dilakukan evaluasi terus menerus.

“Pembukaan normal pasar peterongan mulai 1 Agustus. Nantinya pasar akan dibuka secara bertahap, karena dibutuhkan evaluasi. Tentunya harus tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan mencuci tangan,” katanya.

Sementara Ketua Komisi B DPRD Jombang, Sunardi menyatakan, tetap mendukung seluruh aktifitas pasar. Bukan hanya Pasar Peterongan, namun seluruh pasar di Jombang. Meski begitu, pihaknya tetap mengimbau para pedagang tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tentunya harus menjaga protokol kesehatan. Kebijakan tidak bisa tebang pilih. Teman-teman dewan juga sudah bicara dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait tentang kebijakan apa yang akan diambil nanti,” kata politisi asal PPP ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua FRMJ, Joko Fattah Rochim yang mendampingi para pedagang merespon baik rencana pembukaan Pasar Peterongan mulai 1 Agustus 2020.

“Respon dari pemerintah baik. Dan mulai tanggal 1 Agustus nanti Pasar Peterongan sudah mulai aktif normal lagi alias dibuka. Namun tetap mengikuti protokol kesehatan,” paparnya.

Untuk memastikan hal tersebut, lanjut Fattah, rencana pembukaan tersebut akan diresmikan melalui pembuatan surat edaran terkait hal ini. “Tadi audiensi dengan Komisi B dan Dinas Perdagangan, akan dibuatkan surat edaran terkait pembukaan Pasar Peterongan,” ujarnya.

Ia juga berharap, tidak hanya Pasar Peterongan yang kembali dibuka, melainkan seluruh pasar di Jombang bisa beraktivitas normal. “Untuk pasar lain kami berharap seperti itu. Karena pedagang ini harus bergerak kembali menjalankan roda ekonomi,” pungkasnya.

Audiensi dengan Komisi B dan Disperindag Jombang di ruang paripurna ini berjalan singkat, pembahasan tidak sampai memakan waktu panjang. Yakni mulai pukul 10.00 selesai 11.00 WIB.

INSTAGRAM

Berita Terkait