Inilah Wisata Religi Ziarah Makam di Jombang

Pintu masuk peziarah di kawasan makam Gus Dur dan KH Hasyim Asyari. (Diana KN).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com- Kabupaten Jombang selain dikenal sebagai kota dengan banyak santri dan pondok pesantren. Jombang juga terdapat tokoh-tokoh agama Islam ternama yang makamnya menjadi jujukan para peziarah.

Ziarah makam tokoh agama seringkali dilakukan sebagian orang untuk berkunjung. Karena ada yang percaya di tempat tersebut tingkat ijabahnya tinggi. Sebab berada di makam tokoh agama mempunyai keistimewaan karomah.

Baca Juga

Berikut sejumlah rekomendasi destinasi makam tokoh agama yang dapat dijadikan jujukan peziarah saat berkunjung ke Kabupaten Jombang.

  1. Makam Gus Dur atau KH Abdurahman Wachid dan KH Hasyim Asy’ari

Terletak di dalam komplek Pondok Pesantren Tebuireng, Diwek Kabupaten Jombang. Tidak hanya makam Presiden RI ke empat yang disemayamkan disana. Namun juga terdapat tokoh perjuangan dan pendiri organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yaitu KH Hasyim Asyari.

Pada awalnya pengunjung dapat berziarah ke makam tersebut disaat jam buka yang biasanya usai kegiatan Pondok Pesantren usai. Namun pada perkembangannya peziarah bebas melakukan kunjungan setiap saat. Telah disediakan terminal bus atau lahan parkir peziarah tepat di belakang bangunan pondok pesantren tersebut.

  1. Makam KH Bisri Syansuri

Terletak di kawasan Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Kabupaten Jombang. Beliau adalah tokoh NU yang juga pendiri Ponpes Mambaul Maarif serta kakek dari Gus Dur.

Salah satu pahlawan Republik Indonesia yang pernah menjadi Kepala Staf Komando untuk menjadi penghubung antara gerakan massa yang dikerahkan oleh Bung Tomo dengan para kiai seluruh Jawa Timur menjelang peristiwa 10 November di Surabaya.

  1. Makam KH Wahab Hasbullah

Terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang, tidak jauh dari Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras.

Ulama inspirator, salah satu penggagas organisasi NU dan perjuangan RI dan juga pendiri dari Ponpes Bahrul Ulum Tambak beras.

  1. Makam KH Tamim Irsyad

Berada di kawasan Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Kecamatan Peterongan, berada di makam keluarga besar Ponpes tersebut. Seorang pendiri dan pengasuh termasuk pondok terbesar di Jombang.

  1. Makam Maulana Sayyid Ismail

Terletak di komplek pemakaman warga di Desa Janti,  Kecamatan Jogoroto, masih terlihat sederhana karena makamnya tepat berada di tengah makam warga setempat. Salah satu tokoh agama yang dianggap mempunyai keistimewaan berdasarkan cerita yang beredar.

Terdapat sumber mata air yang dipercaya masih dalam aliran Wali Sunan Ampel Surabaya dan tidak pernah habis. Penggaliannya pun konon tidak dapat menggunakan alat namun hanya dengan tangan biasa.

  1. Makam Sayyid Sulaiman

Terletak di Desa Mancilan Kecamatan Mojoagung, beliau adalah salah satu tokoh agama dalam menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Hampir setiap peziarah yanh datang ke Jombang banyak yang mendatangi makamnya.

Kondisi parkir yang cukup luas dan lingkungan makam yang beberapa sudah terlihat dilakukan pembangunan membuat peziarah lebih nyaman untuk memanjatkan doa di makam tersebut.

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait