5 Tempat Wisata di Kecamatan Kudu Jombang yang Wajib Dikunjungi

Sun Flower Garden, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang
Sun Flower Garden, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang. Kabarjombang.com/Anggraini Dwi/
  • Whatsapp

KUDU, KabarJombang.com – Kudu merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang.

Wilayah yang ada di sisi utara sungai Brantas ini memiliki sederet tempat wisata, yang patut Anda kunjungi saat weekend ataupun liburan bersama keluarga.

Baca Juga

Geliat wisata di Kecamatan Kudu semakin terasa, dengan munculnya tempat-tempat wisata baru. Jadi kini Kudu tidak hanya dikenal dengan sendang madenya saja sebagai tempat wisata.

Namun, ada berbagai aktivitas wisata yang bisa dikunjungi masyarakat. Biar tidak penasaran berikut rekomendasi tempat wisata di Kecamatan Kudu.

1. Sun Flower Garden

Sun Flower Garden, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang
Sun Flower Garden, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang. Kabarjombang.com/Anggraini Dwi/

Sun Flower Garden atau kebun bunga matahari ini menawarkan rimbunnya ribuan bunga matahari yang sedang bermekaran. Sehingga para penikmat bisa dimanjakan langsung oleh pesona warna dan cantiknya bunga matahari.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mengabadikan momen bersama mekarnya bunga matahari dengan berselfie atau berswafoto. Dan cocok juga untuk dijadikan sebagai baground pre-weeding.

Tiket masuk kebun bunga matahari ini tidak dikenakan tarif biaya alias gratis, hanya saja para pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5 ribu. Kebun ini berlokasi di Dusun Bulurejo, Desa Kepuhrejo, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang.

2. Sendang Made

Sendang Made
Sendang Made

Sendang Made merupakan salah satu tempat wisata alam dan tempat peristirahatan para raja di Pulau Jawa dahulu. Pohon-pohon yang tumbuh berjejer disekitar Sendang Made ini berusia ratusan tahun sehingga menambah rasa sejuk, nyaman, dan mistis.

Di tengah-tengah Sendang Made juga terdapat beberapa kolam yang sampai saat ini sering digunakan sinden dan dalang untuk berendam. Konon air kolam yang terdapat di Sendang Made membuat kulit wajah memiliki aura dan awet muda.

Para pengunjung jika ingin beristirahat juga disediakan Pendopo yang berada ditengah-tengah Sendang Made. Untuk masuk ke Sendang Made, para pengunjung hanya mengeluarkan biaya untuk parkir Rp 5 ribu.

Situs Sendang Made terletak di Desa Made, Kecamatan Kudu, Jombang. Situs ini merupakan salah satu obyek wisata andalan di Jombang saat hari libur maupun hari biasa.

3. Prasasti Gurit

Prasasti Gurit merupakan peninggalan Raja Airlangga yang terletak di Desa Katemas, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang. Lokasi prasasti ini berada ditengah perkampungan warga, sehingga tak sulit untuk menemukannya.

Nampak setiap sisi prasasti terdapat ukiran aksara Jawa Kuno yang hampir susah terbaca karena termakan usia dan waktu. Tulisan prasasti tersebut diantaranya berbunyi perluasan wilayah yang telah dilakukan Raja Airlangga dari Kerajaan Mataram Kuno yang pernah tinggal di Jombang.

4. Waduk Embung

Waduk embung merupakan salah satu waduk kecil buatan yang ada di Kabupaten Jombang. Air yang ada di waduk ini tidak pernah kering, sehingga menjadi salah satu surga tersembunyi, karena tempatnya yang masih asri dan jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Pengunjung yang datang akan disuguhkan pemandangan embung yang tampak mempesona karena perpaduan antara hijau nya pepohonan dan air embung yang menenangkan.

Selain itu, embung ini biasanya juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk irigasi pertanian atau sekedar mencari ikan dengan memancing.

Embung Kudu ini berlokasi di Desa Kepuhrejo, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang. Sedangkan, untuk tarif masuk embung ini tidak ada tarifnya alias gratis.

5. Agro Eduwisata

Agro Eduwisata ini berkonsepkan ragam jenis tanaman plus permainan playground yang disediakan. Yang berlokasi di Desa Sumber Teguh, Kecamtan Kudu, Kabupaten Jombang.

Untuk memasuki tempat agro eduwisata ini, para pengunjung bisa menikmati keindahan beragam jenis tanaman yang tumbuh dan tertata rapi di sepanjang ruas lintasan taman.

Tidak hanya itu, agro eduwisata ini juga cocok untuk menghabiskan weekend bersama keluarga, karena bisa dijadikan sebagai sarana belajar bagi anak-anak untuk mengenal beragam jenis tanaman yang sedang tumbuh sambil bermain.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait