Menu Masakan Nikmat saat Musim Hujan

Rawon. (Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Ketika musim hujan tentu suhu akan lebih dingin dari biasanya. Beberapa masakan hangat dapat menjadi salah satu pilihan untuk menemani di kala hujan turun.

Pilihan makanan berkuah mungkin menjadi salah satu menu yang dicari masyarakat di saat hujan turun. Selain itu, saat musim hujan perasaan lapar akan lebih meningkat dibandingkan musim panas.

Baca Juga

Nafsu makan cenderung akan meningkat saat suhu udara dingin. Dengan mengkonsumsi makanan, kita dapat menghangatkan tubuh.

Berikut makanan nikmat dan mantap yang cocok dikonsumsi saat musim hujan sebagai penghangat dalam menjalani aktivitas di udara dingin.

  1. Mi Rebus Instan

Mi rebus instan dapat menjadi salah satu alternatif makanan yang dapat menghangatkan diri di rumah saat hujan turun. Selain praktis dalam penyajiannya, mi rebus instan dapat kita stok di rumah jauh-jauh hari dan membuatnya langsung tanpa perlu membeli lagi keluar rumah jika ingin memakannya.

Mi rebus instan ini pun juga dapat kita sajikan bersama bakso, telur atau pun sosis. Tetapi, walaupun menjadi salah satu alternatif jika sedang lapar, jangan sering-sering mengkonsumsinya.

  1. Sop Ayam

Sop ayam juga salah satu makanan yang mudah dimasak saat musim hujan. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukannya, sop ayam dapat dimasak sendiri ketika di rumah.

Selain menghangatkan tubuh, sop ayam ini juga bagus untuk kesehatan. Melalui kandungan vitamin yang berada di dalam sayur, juga terdapat protein di dalam daging ayamnya.

Sop ayam dapat dikonsumsi bersama nasi sebagai makanan berat. Biasanya jika terkena flu saat musim hujan, sop ayam bisa menjadi pilihan makanan yang menjadikan suhu badan lebih membaik.

  1. Soto

Soto merupakan salah satu makanan yang memiliki bermacam variasi di setiap daerah. Pada umumnya kuah pada soto disajikan dengan menggunakan kunyit atau jahe. Ini adalah salah satu pilihan makanan yang dapat dikonsumsi saat musim hujan. Apalagi jika soto yang dimakan masih dalam keadaan hangat.

Soto dapat dimasak sendiri atau membelinya di luar. Selain dapat menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin, kandungan jahe di dalamnya terdapat antiinflamasi dan antibakteri untuk mengatasi hidung tersumbat, mual, dan demam.

  1. Bakso atau Mi Ayam.

Tentu semua tahu makanan berkuah bakso atau mi ayam. Bakso atau mi ayam juga bisa menjadi salah satu pilihan makanan sebagai penghangat tubuh ketika musim hujan. Bakso yang umumnya terbuat dari daging sapi memiliki kandungan protein dan zat besi yang diperlukan oleh tubuh.

Pada bakso atau mi ayam, biasanya terdapat juga sayuran sawi atau tauge untuk menambah kebutuhan serat dalam makanan. Bakso atau mi ayam itu sendiri bisa didapatkan dengan membelinya dari luar atau memasaknya sendiri di rumah.

  1. Rawon

Makanan khas Jawa Timur ini, biasanya dapat ditemui di restoran atau rumah makan. Di luar negeri, rawon dikenal dengan sebutan black soup Rawon makanan yang berupa sop daging dan memiliki kuah berwarna hitam. Makanan ini cocok untuk disantap dengan nasi. Umumnya daging yang digunakan adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil.

Selain bersama nasi, rawon juga dapat disajikan bersama tauge, telur asin, daun bawang, dan kerupuk udang. Makanan ini memiliki ciri khas bumbu Indonesia yang pekat pada kuahnya.

Selain dapat menghangatkan badan saat cuaca dingin, rawon memiliki kandungan protein, zat besi, dan antioksidan yang dapat menunda penuaan.

INSTAGRAM

Berita Terkait