Pasang Keramba, Warga Pucangsimo Jombang Diberdayakan Budidaya Ikan Patin

Kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan di Dusun Kedungrejo, Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang.
  • Whatsapp

BANDAR KEDUNGMULYO, KabarJombang.com – Pemerintah Desa dan warga Dusun Kedungrejo, Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang bahu-membahu memasang keramba atau wadah budidaya ikan di waduk dusun setempat.

Pemasangan keramba ini dilakukan pada Juli 2020 lalu. Dimaksudkan untuk pengelolaan ikan sebagai upaya penguatan ekonomi dan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga

Menurut Suswati, Sekretaris KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa) Desa Pucangsimo, pemasangan keramba merupaka upaya pemberdayaan desa dalam memanfaatkan waduk yang tidak terkelola, untuk diaktifkan sebagai tempat budidaya ikan patin.

“Anggaran yang digunakan untuk budidaya ini berasal dari pak Kades, selaku kepala Pemerintahan Desa dengan memberi mandat kepada kami selaku KPMD,” tutur Suswati.

Dan pada Senin (10/8/2020) kemarin, dilakukan penyebaran 2.000 bibit ikan patin di Waduk Dusun Kedungrejo. Bibit disebar pada kedua keramba yang sudah dipasang sebelumnya. Atau masing-masing keramba sebanyak 1.000 bibit ikan.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Desa setempat. Dalam kegiatan ini, masyarakat dibantu mahasiswa yang sedang KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kelompok 126 dari UIN (Universitas Islam Negeri) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

“Harapannya, bisa berkembang ke jangka panjang. Prospeknya lebih dari setahun, yaitu untuk kolam pemancingan atau sektor wisata. ,”pungkas Suswati.

INSTAGRAM

Berita Terkait