Bersihkan Lendir Lele Sebelum Dimasak, Ini Caranya

Ikan lele. (Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com- Memasak ikan lele harus berurusan dengan lendirnya yang kotor dan mengganggu. Lendir harus dibersihkan agar saat diolah menjadi lebih bersih, tentunya dengan cara terbaik.

Terkadang karena lendir lele yang ada membuat sebagian orang yang ingin memasaknya menjadi enggan jika harus berurusan dengan licinnya sesuat yang menempel pada lele.

Baca Juga

Namun, tak perlu ragu untuk memasak lele dengan mecoba cara yang tepat dan mudah untuk membersihkan lele seperti berikut ini.

  1. Oles abu gosok

Sebelum disiangi, lumuri ikan lele dengan abu gosok sampai seluruh tubuh lele terselimuti dengan abu gosok. Lalu, gosok-gosok lele sampai lendir kulitnya luntur.

Setelah lendirnya luntur, baru siangi ikan lele dan cuci bersih dengan air mengalir.

  1. Air hangat

Masak air hingga mendidih, lalu masukkan ke dalam baskom dan campur dengan air dingin sedikit, sehingga air terasa hangat-hangat kuku. Kemudian, gunakan air hangat ini untuk merendam lele selama 10-15 menit. Lendir lele akan luntur selama direndam dengan air hangat. Setelah 10-15 menit, bilas lele dengan air mengalir sampai bersih.

  1. Cuka dan garam

Bersihkan dan siangi ikan lele. Kemudian siapkan baskom dan isi dengan campuran air, cuka, dan garam. Lalu masukan lele ke dalamnya. Diamkan selama 10 menit. Setelah 10 menit, bilas ikan lele dengan air mengalir.

  1. Jeruk nipis dan garam

Terlebih dahulu bersihkan dan siangi ikan lele. Lalu rendam lele di dalam air yang sudah dicampur dengan jeruk nipis dan garam selama 10 menit.

Selama perendaman, lendir lele akan luntur. Kemudian bilas dengan air mengalir sampai bersih.

INSTAGRAM

Berita Terkait