Pancing Penasaran, Pengunjung Jajal Goyang di Atas Rawa Jali Banjardowo

Warga saat mencoba menggoyangkan Rawa Jali.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Keberadaan tanah bergoyang ‘Rawa Jali’ di Dusun Gedangkeret, Desa Banjardowo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, terus memancing penasaran warga, Selasa (17/12/2019).

Bahkan, kini tanah unik yang bisa bergoyang layaknya gelombang air ini, menjadi destinasi wisata baru di Jombang. Sejumlah warga terus berdatangan hanya untuk menyaksikan fenomen unik ini.

Baca Juga

Salah satu warga asal Ploso, Zedi (30) mengaku penasan setelah Rawa Jali ini viral di sejumlah pemberitaan dan media sosial. Dia pun sempat mencoba ingin menginjak menggoyangkan sendiri tanah tak lazim yang berada di tengah areal persawahan ini.

“Benar tadi nyoba-coba saja, rasanya seperti di atas panggung kalau sedang bergoyang tanahnya, sempat takut terjerembab juga tadi,” ungkapnya.

Selain Zedi, masih ada beberapa pengunjung lagi yang juga merasakan hal serupa. Sementara, warga setempat, Nalutomo mengatakan, bahwa keberadaan Rawa Jali ini sudah ada sejak puluhan tahun silam. Hanya saja, baru viral di kalangan masyarakan akhir-akhir ini setelah adanya media sosial.

Dia pun mengungkap, tanah bergoyang ini dulunya berupa rawa yang sangat luas mencapai belasan hektar. Namun kini, hanya tinggal kurang dari satu hektar saja.

“Dulu ebih luas, apalag kalau musim hujan malah luas, sekarang sudah berkurang dan dipakai warga bertani seperti biasa,” kata Nalutomo.

Pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang sendiri hingga kini belum bisa menyimpulkan terkait fenonema ini dan masih menunggu ahli geologi yang akan mereka datangkan.

INSTAGRAM

Berita Terkait