Maulidan, Ribuan Masyarakat Sumbermulyo Bancakan Rebutan Gunungan Tahu

Suasana rebutan tahu di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang.
  • Whatsapp

JOGOROTO, KabarJombang.com – Warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, memiliki cara berbeda dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis (7/11/2019).

Desa penghasil tahu ini, menggelar tumpeng gunungan ribuan tahu sebagai wujud rasa syukur masyarakat setempat, utamanya pengusaha pabrik tahu, atas berkah yang mereka dapat selama ini. Acara tersebut digelar di lapangan desa setempat.

Baca Juga

Tumpengan tahu yang baru pertama kali digelar Desa Sumbermulyo ini, sontak mengundang perhatian ribuan warga yang ingin mengikuti secara langsung prosesi grebek tahu tersebut.

Warga pun rela berdesak-desakan, berebut gunungan tahu goreng yang sudah ditata secara rapi layaknya tumpeng. Begitu diberi aba-aba oleh pantia, dalam sekejap, sejumlah gunungan tahu tersebut ludes direbut pengunjung.

“Alhamdulilah dapat banyak, buat dimakan sama keluarga, seru ikut rebutannya mbak, lagian tahunya ini mengandung doa, sehingga rasanya lebih enak,” ujar Sakinah, salah satu warga.

Selain jajaran Forpimka, grebek tahu ini juga dihadiri oleh Bupati Jombang, Munjidah Wahab. Bupati Mundjidah sangat mengapresiasi tumpengan tahu yang digelar oleh masyarakat Desa Sumbermulyo ini.

Selain menyebut sebagai inovasi baru, Bupati juga menyebut grebek tahu yang baru pertama kali ini, diyakini akan mampu menjadi pendongkrak perekonomian di desa penghasil tahu ini. Sekaligus bisa menjadikan rujukan wisata baru di Jombang.

“Ini saya sangat mengapresiasi inovasi kreatif ini, karena memang di Sumbermulyo ini banyak pengusaha tahu besar. Bahkan tidak hanya di Jawa Timur saja, tahu Sumbermulyo ini juga sudah sampai di Kalimantan,” pungkasnya.

[wbcr_php_snippet id="kabarjombang"]

Berita Terkait