Jangan Salah Pilih, Begini Ciri-ciri Mangga Matang dan Manis

Ilustrasi mangga
Ilustrasi mangga
  • Whatsapp

KabarJombang.com – Tak jarang kita sering kecewa setelah membeli buah-buahan di pasar, terutama buah mangga yang saat ini mulai banyak ditemui. Karena kurang matang dan manis.

Oleh karena itu penting sekali mengetahui beberapa ciri mangga sudah matang dan manis agar tidak kecewa setelah membeli mangga ataupun memetik mangga, seperti dikutip dari Tempo.co.

Baca Juga

1. Aroma Harum Buah Mangga

Mangga yang sudah matang dan memiliki rasa manis biasanya memiliki aroma harum. Aroma harum buah mangga bisa dicium di ujung mangga dekat tangkainya. Jika tidak merasakan aroma harum maka bisa diperkirakan bahwa mangga belum matang dan rasanya masih asam.

2. Cek Batang Buah Mangga

Melalui batang buah mangga, kita bisa melihat buah tersebut matang di pohon atau tidak. Jika terlihat bekas lubang batang mangga terlihat dalam dan tidak ada sisa batang yang melekat pada buah, maka buah tersebut matang di pohon. Namun jika ada bekas batang mangga yang masih tersisa ataupun ada bekas guntingan, maka dipastikan mangga tersebut tidak matang di pohoh.

3. Tekstur Buah Mangga

Pilihlah tekstur buah yang tidak keras bila di tekan karena itu menandakan buah belum matang. Pilihlah mangga yang ketika di tekan terasa lembut. Namun bila ditekan buah mangga terlalu lembek, bisa jadi buah tersebut sudah membusuk.

Selain itu, jika anda terlanjur membeli buah mangga yang belum matang, anda bisa menikmatinya menjadi rujak dengan tambahan sambal rujak.

Anda juga bisa mematangkan buah mangga dengan cara berikut, simpan dalam kantong kertas coklat yang tertutup penuh selama 1-2 hari tergantung tingkat kematangan buah. Dengan cara penyimpanan tersebut akan mempercepat proses pematangan buah mangga. (Ziya)

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait