Cawagub Jatim Lukman Khakim Berkunjung ke Jombang, Nostalgia Saat Jadi Santri

Lukmanul Khakim, Cawagub saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H, di PP Mambaul Ma'arif, Denanyar. (Kevin Nizar).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com –Lukmanul Khakim, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur kembali menapakkan kakinya di Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Kamis, (26/9/2024).

Kunjungan tersebut menjadi momen spesial, tidak hanya bagi Lukman tetapi juga bagi ratusan santri yang hadir dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Lukman mengungkapkan kenangan masa lalunya sebagai santri yang juga menuntut ilmu di Pondok Pesantren tersebut dari tahun 1998 hingga 2001.

Lukman berbagi cerita tentang pengalaman berharga yang ia jalani sehari-hari di Denanyar. Ia mengatakan, dulu pada saat masih nyantri di Mambaul Ma’arif, ia sama seperti santri-santri lainnya yang pernah merasakan minum air, makan, dan menggali ilmu di Pondok Pesantren (PP) tempat kelahiran Gus Dur tersebut.

Dalam suasana yang khidmat, Lukman juga memberikan doa dan harapan kepada para santri agar ilmu yang mereka pelajari di pondok bisa bermanfaat di masa depan.

“Jangan khawatir, insya Allah ilmu yang sedang kalian timba di sini akan sangat bermanfaat di kemudian hari, sudah saya alami dan buktikan sendiri,” ungkap alumni PP Mambaul Ma’arif, Denanyar, Jombang tersebut.

Kedatangan Lukman ke Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif ini juga merupakan bagian dari upayanya untuk meminta doa restu dari para kyai. Ia berharap agar pencalonannya sebagai Cawagub mendampingi Luluk Nur Hamidah bisa berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah saya kesini untuk meminta doa restu dan ridho dari para kyai. Kepada para santri saya juga minta dukunganya dan doanya untuk maju di Pilkada Jatim,”ujar mantan Anggota DPR RI dari Fraksi PKB tersebut.

Selain melakukan kunjungan ke pondok, Lukman juga menjadwalkan sejumlah pertemuan lainnya di Kabupaten Jombang. Sejak pagi, ia telah mengunjungi kediaman Abah Hasan di Pesantren As’adiah 2 Tambakberas dan Gus Ulum di Kecamatan Ngoro, dengan tujuan untuk meminta doa restu serta dukungan berjuang di kontestasi Pilgub Jatim.

Setelah itu, ia juga menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Sayyid Sulaiman bin Abdurahman Basyaiban, yang ada di Betek, Mojoagung, Jombang.

Salah satu momen menarik dalam kunjungannya ke Jombang tersebut adalah saat ia menikmati Soto Dok, kuliner khas Jombang, di Jalan Prof. Buya Hamka.

Cawagub kelahiran Lamongan tersebut, mengungkapkan bahwa soto dok di tempat tersebut merupakan salah satu kuliner favoritnya sejak lama, yang tidak hanya menggoyang lidah tetapi juga menyimpan banyak kenangan manis.

“Ini langgananku dari dulu, rasanya mantap,” ucapnya, sambil ngevlog di akun TikTok milik, Luluk Lukman Official. Di video tersebut, ia juga menyoroti keunikan bahwa istri dari pemilik soto dok tersebut bernama Luluk, yang kebetulan memiliki kesamaan dengan nama pasangannya di Pilgub Jatim 2024.

Kunjungan Lukman ke Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif menandai akhir dari serangkaian agenda kampanyenya di Kabupaten Jombang. Dengan semangat dan rasa syukur, Lukman berharap dapat terus mendukung dan memberikan manfaat bagi masyarakat Jawa Timur.

 

Berita Terkait