Wisata Baru “Dalem Si Mbah” Wonosalam, Moncer

Wisata Dalem Si Mbah Wonosalam, Kabupaten Jombang. (Foto; Daniel).
  • Whatsapp

WONOSALAM, KabarJombang.com – Wisata Kabupaten Jombang kian hari kian bergeliat. Tambah satu lagi, wisata baru yang berada di Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, bernama “Dalem Si Mbah”.

Wisata moncer dan masih hangat ini, baru dibuka pada awal bulan November. Konsep wisata yang ditawarkan sangat komplit, tentunya juga Instagramable. Harga masuk pun cukup murah, Rp 10 ribu untuk weekday, dan Rp 15 ribu untuk weekend.

Baca Juga

Menurut pemiliki wisata, Chirly Lisdajani (50), tempat wisata dengan nama “Dalem Si Mbah” terbesit dalam pikirannya lantaran dirinya merupakan penggemar barang lama atau antik. Salah satunya adalah rumah Jawa yang ada di lokasi wisata tersebut.

“Jadi rumah seperti ini kan orang Jawa Tengah bilangnya ‘duwe e Simbah’ (punyanya si Mbah). Berhubung saya suka rumah lama maka saya merasa ini “Kagungan’ne si Mbah” artinya rumah si Mbah. Sehingga ini panggilan jiwa saya untuk mengelola punyanya tinih sepuh” ungkap wanita paruh baya ini pada KabarJombang.com.

Pihaknya menyebut konsep yang dipilih dalam wisatanya yakni memadukan daur ulang. Terlihat rumah jaman dulu dengan konsep kayu. Selain itu adapula sepeda onthel antik, motor klasik, serta andong yang menghiasi kawasan wisata ini.

Ikon paling utama  ketika memasuki kawasan ini ialah gapura wayang serta tokoh Semar ukuran raksasa. Terdapat juga lengkap alat gamelan Jawa yang digunakan penduduk sekitar untuk karawitan.

“Selain melestarikan barang-barang lama, saya juga melestarikan pohon dan binatang. Pohon-pohon lama disini antara lain kepundung, juwet, aren, uni, ewoni, dan damar,” bebernya.

Wisata ‘Dalem Si Mbah’ selain menawarkan wisata dengan nilai sejarah dan kebudayaan yang tinggi. Tentunya juga menawarkan wisata edukasi dan alam yang menawan.

Ketika datang, pengunjung dapat menikmati fasilitas kolam renang, permainan air, mini zoo, serta resto yang menawarkan kuliner-an asli wonosalam.

Selain itu fasilitas tempat parkir cukup luas, tersedia mushola, pendopo, toilet serta gazebo untuk bersantai dan menikmati pemandangan nan asri.

Tak kalahnya lagi, tempat wisata ini memiliki bangunan dan arsitektur yang apik. Sehingga jika anda datang ke Dalem Si Mbah, siapkan kamera anda untuk mengabadikan momen. Pasalnya tempat ini sangat Instagramable.

Pemilik wisata berharap wisata yang dikelolanya saat ini dapat berkembang dengan kedepannya dibangun cottage dan camping ground.

“Semoga adanya wisata ini dapat diterima masyarakat dan dapat membantu masyarakat sekitar. Tentunya tidak mengganggu lingkungan sekitar juga. Berharap semakin berkembang. Sehingga lebih banyak masyarakat disini yang terbantu,” ucap seorang pengoleksi barang antik ini.

Sementara pengunjung asal Lamongan, Sholeh (48) mengatakan, memilih tujuan wisata ‘Dalem Si Mbah’ bersama keluarganya, karena tertarik setelah melihat postingan di akun media sosial.

“Dari medsos itu kok kelihatan bagus apalagi ini wisiata baru malah bikin kami penasaran,” ungkapnya.

Dikatakan, tempat yang dikunjunginya saat ini sudah cukup bagus, berhubungan masih baru, dia berharap beberapa bulan kemudian tempatnya akan semakin luas dan akan ada spot spot baru.

“Untuk harganya sudah cukup terjangkau menurut saya, kalau weekday kan Rp 10 ribu. Berhubung saya kemarin weekend jadi hari ini Rp 15 ribu,” pungkasnya.

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait