Wana Wisata Sumber Biru Wonosalam, Bisa Nongkrong di Tengah Sungai 

Wana wisata sumber biru, Wonosalam, Jombang. (Foto: Daniel).
  • Whatsapp

WONOSALAM, KabarJombang.com – Mengulas potensi wisata Kabupaten Jombang tak akan ada habisnya. Utamanya potensi wisata alam yang ada di dataran tinggi Wonosalam.

Salah satunya yakni wana wisata sumber biru, menawarkan sensasi nongkrong sambil kuliner-an di aliran sungai.

Baca Juga

Unik bukan? Ya, wisata ini terletak di Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam. Saat ini wisata Sumber Biru mengalami pengembangan yang sangat pesat. Tak heran banyak wisatawan berwisata dan berburu foto instagenik di Sumber Biru.

Sumber Biru konon katanya, merupakan legenda adanya sumber yang airnya berwarna biru. Saat ini aliran air yang berada di sungai tersebut dimanfaatkan sebagai ikon utama yakni cafe di atas sungai atau sering disebut ‘warung kecek’.

Menurut Ketua pengelola Wisata, Tekad Slamet (43) mengatakan, wana wisata sumber biru menawarkan konsep alam dengan suguhan warung di atas aliran sungai yang jernih ditambah asrinya pepohonan.

“Sampai sejauh ini wisata ini mengalami perkembangan, untuk pengunjung yang datang kemarin tak hanya dari Jombang saja. Kalau hari biasa pengunjung sekitar 200 orang, kalau hari Sabtu 500 orang. Bahkan kalau Minggu bisa mencapai seribu orang,” ungkapnya.

Di tempat itu, pengunjung ditarif  tiket masuk sebesar Rp 5 ribu, untuk biaya parkir motor Rp 2 Ribu, sedangkan parkir mobil Rp 5 ribu. Di lokasi pengunjung bisa memesan makan tradisional yang ditawarkan. Seperti nasi jagung, urap-urap, sego tiwul, serta aneka penyetan. Dan tak perlu khawatir juga karena di sini juga menawarkan makanan dan minuman yang milenial.

Wisata yang dibangun diatas lahan milik warga ini dikelola Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), Tekad Slamet tak menyangka saat ini wana wisata sumber biru menjadi salah satu wisata populer di Kabupaten Jombang. Pasalnya sungai ini dulunya digunakan warga untuk pembuangan sampah.

“Kita tak menyangka jadi seperti ini, karena waktu itu sungai ini menjadi tempat warga membuang sampah. Kemudian kita edukasi, dan kita bersihkan lalu ada gagasan untuk membuka wisata,” ceritanya.

Tak perlu khawatir, karena saat ini wisata sumber biru telah disulap menjadi apik, banyak spot instagramable serta fasiltas yang lengkap.  Wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional pukul 08.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB.

Sementara seorang pengunjung yang merupakan mahasiswi, Nur Aminatun (19), mengatakan, datang ke wisata sumber biru untuk mengerjakan tugas. Selain itu dirinya juga mengaku ingin mendapatkan suasana yang berbeda.

“Tempatnya enak, pemandangannya hijau, ini kali pertamanya sih nugas diatas aliran sungai seperti ini. Sensasinya adem,”pungkasnya.

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait