Taman Tirta Wisata Jombang Riwayatmu Kini

Kondisi Taman Tirta Wisata Jombang yang terbengkalai/kabarjombang.com/Daniel Eko
Kondisi Taman Tirta Wisata Jombang yang terbengkalai/kabarjombang.com/Daniel Eko
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Ketenaran Taman Tirta Wisata Keplaksari kini tinggal kenangan. Bangunan serta wahana permainan kolam renang saat ini sudah tidak terawat bahkan terbengkalai.

Taman Tirta Wisata merupakan salah satu tempat wisata dengan wahana kolam renang, jogging track, dan juga kolam pancing di Kota Santri-julukan Kabupaten Jombang.

Baca Juga

Tempat wisata ini dulu menjadi jujugan tempat wisata nomor satu masyarakat Kabupaten Jombang. Di era tahun 1990-an siapa yang tidak kenal dengan taman tirta wisata.

Dibangun pada tahun 1973 taman tirta wisata Keplaksari Jombang pada masa itu menjadi satu-satunya tempat liburan bagi warga seantero Kota Santri. Masa kejayaan tempat wisata sejuta umat ini mulai tergerus seiring banyaknya lokasi-lokasi wisata baru bermunculan di Jombang.

Pantauan di lokasi, bangunan maupun wahana permainan di taman tirta wisata sudah tidak terawat dan terkesan sengaja dibiarkan terbengkalai oleh pengelola.

Kondisi Taman Tirta Wisata Jombang yang terbengkalai/kabarjombang.com/Daniel Eko
Kondisi Taman Tirta Wisata Jombang yang terbengkalai/kabarjombang.com/Daniel Eko

Air yang ada di kolam ikan juga nampak keruh tidak pernah dibersihkan. Menurut salah seorang warga memang selama ini kolam tersebut dibiarkan kosong dan baru saat musim hujan ada air di dalam kolam ikan.

“Selama ini kolam ikan juga kosong, baru baru ini saja ada air karena hujan,” kata warga yang tinggal tidak jauh dari taman tirta wisata, Hasan saat berbincang dengan KabarJombang.com, Sabtu (6/2/2021).

Hasan menyayangkan kondisi taman tirta wisata saat ini yang dibiarkan terbengkalai berbeda dengan masa kejayaannya dulu.

“Saat ini kondisinya terbengkalai. Eman (sayang) kalau dibiarkan terbengkalai, padahal dulu tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi warga untuk berenang. Karena ini wisata sejuta umat, tidak ada tiket masuk alias gratis,” tandasnya.

Di tahun 2011 Pemkab Jombang mengelontorkan anggaran Rp 1.1 miliar untuk perbaikan dan renovasi wahana kolam renang taman tirta wisata. Namun, anggaran tersebut seakan sia-sia karena ketidak seriusan pengelola tempat wisata milik pemerintah itu.

Hasan berharap ada upaya dari pemangku kebijakan atau instansi terkait untuk kembali menghidupkan denyut tempat wisata sejuta umat ‘taman tirta wisata’.

“Harusnya ada upaya dari pemkab Jombang karena ini asetnya. Disini Kebersihan kurang terjaga. Jika dibersihkan insyaallah pengunjung pasti ada,” katanya.

Kini, taman tirta wisata tinggal kenangan dan menjadi tempat wisata keluarga yang tidak lagi diminati oleh masyarakat.

INSTAGRAM

Berita Terkait