Sensasinya Sate Ayam Khas Blora, di Jalan Raya Hayam Wuruk Jombang 

Satu porsi sate ayam khas Blora. (Daniel Eko).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Apa yang anda pikirkan jika mendengar kuliner sate ayam khas Blora? Tentunya sate ini berbeda dengan sate Madura loh.

Tak perlu jauh-jauh harus datang ke Blora, Jawa Tengah. Sebab di Jalan Hayam Wuruk, Jombang, Jawa Timur  telah hadir sate ayam Blora.

Baca Juga

Ketika KabarJombang.com bertandang ke tempat ini, kepulan asap sate merasuk ke hidung. Apalagi ditambah penampakan sate yang bertengger di atas arang, seakan air liur menetes.

Tampilan sate khas Blora ini berbeda dengan sate pada umumnya. Terlihat dari cara memasaknya hingga cara menyantapnya.

Sebelum kami menyatap sate Blora ini, kami ingin merasakan sensasi membakar sate. Dengan bermodal kipas anyam bambu, KabarJombang.com dapat membakar sate laiknya warung milik pribadi.

“Sebelum sate dibakar, sate ini telah dibumbui dengan resep pribadi khas nenek moyang. Mulai dari nenek saya sendiri hingga sampai ke saya, resep ini turun-temurun,” ungkap Ari, pemilik warung.

Sate yang bertengger diatas arang itu, terlihat sudah terbumbui warna kecoklatan dengan rempah-rempah khas pilihan.

Yang bikin beda dengan sate lainnya. Sate Blora ini ternyata ada kuahnya loh. Seperti apa ya rasanya jika sate disantap dengan kuah? Rasa penasaran kami pun semakin memuncak dan ingin sesegera menyatap.

“Kuah kuning ini seperti kuah gulai pada sate kambing. Hanya saja kuning ini dari ayam. Sehingga kuah kuning ini dituangkan langsung ke atas nasi atau lontong,” tuturnya.

Ketika menyantap sate Blora ini, sensasinya luar biasa. Ketika satu tusuk sate tepat berada diatas lidah rasanya lembut, manis, dan gurih menyatu dengan sempurna.

Kuah kuning tercampur diatas lontong rasanya gurih dan maknyus. Perpaduan antara sate dan kuah kuning ayam ini sungguh nendang dilihat dan dijamin ketagihan.

Karena setiap gigitan sate yang masuk ke lidah ingin tambah dan tambah lagi. Hingga akhirnya kami menghabiskan satu porsi ayam Blora dan kuah kuning tanpa tersisa.

“Di Kabupaten Jombang hanya ada satu sate Blora, ditempat saya ini. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau Rp 15 ribu satu porsi berisi sepuluh tusuk sate dan lengkap dengan kuah kuning,” ungkapnya.

Jangan khawatir buat anda yang akan datang kemari. Sebab warung ini buka setiap hari mulai pukul 16.00 sampai 21.00 WIB.

Selain bisa makan di tempat, anda juga bisa membeli online melalui aplikasi kok. Buruan untuk datang kemari ya, selamat mencoba dan menikmati.

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait