Rawon Bebek, Sajian Khas Idul Fitri Bersama Keluarga di Kesamben Jombang

Rawon bebek khas Lebaran Idul Fitri, di Kesamben, Jombang. (Anggraini).
  • Whatsapp

KESAMBEN, KabarJombang.com- Perayaan Idul Fitri merupakan momen yang paling dinanti umat muslim. Dalam merayakannya pun banyak hidangan dan sajian lezat yang disuguhkan.

Mulai dari kue kering hingga masakan berat dengan berbagai cita rasa yang menggoyah lidah dalam bersilaturahmi dengan kerabat, keluarga, ataupun kawan sejawat.

Baca Juga

ucapan idul fitri kapolres jombang
ucapan idul fitri sadarestuwati
ucapan idul fitri PUPR
ucapan idul fitri Bappeda Jombang
Ucapan Idul Fitri Jombang
iklan bank jombang kredit
ucapan idul fitri BPKAD jombang
ucapan idul fitri BKDPP jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
ucapan idul fitri Disdik jombang
ucapan idul fitri dishub jombang
ucapan idul fitri PKB
ucapan idul fitri kemenag jombang
ucapan idul fitri satpol pp jombang

Menyantap makanan khas Lebaran ini sudah menjadi rutinitas yang dilakukan umat muslim di Indonesia yang memiliki khas masing-masing ketika Lebaran. Biasanya dilakukan usai salat Idul Fitri setelah bersilaturahmi halal bihalal.

Seperti halnya rawon bebek yang hanya dijumpai ketika Idul Fitri tiba. Rawon bebek adalah menu yang dimasak dengan seekor bebek. Kemudian untuk bumbunya yaitu, bawang merah, bawang putih, jahe, laos, ketumbar, mrica, kluwek, jinten, cabai rawit, daun jeruk purut dan sere.

Masakan rawon bebek ini akan lebih sedap dan nikmat jika disantap dengan nasi jagung atau dalam bahasa Jawa disebut nasi ampok.

Nasi ampok adalah makanan variasi yang menjadi ciri khas masyarakat pedesaan. Nasi ampok bisa ditemukan di daerah Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Banyak orang-orang dari lingkungan pedesaan juga yang suka mengkonsumsi nasi tersebut. Pasalnya, makanan ini murah-meriah serta mudah dan simpel untuk dimasak.

Masakan rawon bebek khas Lebaran ini ternyata masih ditemui disalah satu keluarga yang ada di dusun Kecamatan Kesamben. Dimana masakan rawon bebek ini telah menjadi tradisi sendiri bagi keluarga ini. Sehingga kurang lengkap jika saat Idul Fitri tidak memasak rawon bebek dengan nasi ampok.

“Sudah menjadi tradisi di keluarga saya setiap saat Lebaran Idul Fitri seperti ini. Dan memang selalu masak rawon entah itu rawon bebek atau mentok. Jadi, kurang afdol kalau tidak masak rawon,” beber Novita (38), warga Dusun Ngemprak, Desa Kedungbetik, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, saat ditemui di rumahnya, Kamis (13/5/2021).

Rawon bebek yang dimasak Novi ternyata memiliki rasa khas tersendiri. Dimana daging bebek yang dimasaknya sangat empuk, kemudian kuahnya yang pas dilidah dengan taburan cabai utuh di dalamnya sangat cocok bagi penikmat pedas.

Tak lupa juga nasi ampok, krupuk udang dan uyel pun disediakannya untuk makan siang bersama keluarga besar.

 

 

 

Berita Terkait