Tahun Depan, Tunjangan BPD Jombang Dipastikan Naik

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab saat memberikan sambutan dalam pelantikan pengurus Abpednas PAC Ploso. (Ft: Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Kabar baik bagi anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa) di Kabupaten Jombang. Pasalnya, pada tahun 2021 mendatang, dipastikan tunjangan bulanannya naik.

Demikian ini ditegaskan Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, dalam sambutannya di acara pelantikan PAC Abpednas Kecamatan Ploso, Jombang, Rabu (28/10/2020), di pendapa balai desa Losari, Ploso.

Baca Juga

“Sebagaimana yang disampaikan pak Ketua DPC Abpednas tadi terkait tunjangan. Tahun depan tunjangan BPD pasti naik, mosok turun. Namun berapa naiknya belum bisa dipastikan. Yang jelas pasti naik, “ujar Mundjidah disambut aplous ratusan anggota BPD yang hadir dalam acara tersebut.

Sebagaimana diketahui, saat ini tunjangan BPD di Kabupaten Jombang, sebesar Rp 200 ribu per bulan untuk Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris sebesar Rp 175 ribu per bulan. Sedangkan untuk anggota sebesar Rp 150 ribu per bulan. Jumlah inipun belum terpotong pajak.

Bupati perempuan pertama di Jombang ini mengaku sangat mendukung adanya Abpednas (Asosiasi Badan Permusyaratan Desa Nasional) di Jombang. Dikatakan, dengan Abpednas anggota BPD bisa meningkatkan kinerja di desanya masing-masing.

“Dengan Abpednas, semakin bisa meningkatkan SDM demi pelayanan masyarakat dan bisa kerjasama dengan pemerintah desa, khususnya kepala desa. Insya Allah desa menjadi maju,”kata Bu Mun panggilan akrab Mudjidah Wahab.

Menurut Mundjidah, BPD adalah DPR nya desa, yang menampung aspirasi, merancang anggaran desa, serta mengawasi pembangunan desa.

“Segala sesuatu program desa harus dimusyawarahkan. Jangankan di organisasi, di rumah tanggapun seperti itu,”tandasnya.

Lebih lanjut Mundjidah berharap membangun desa dengan inovasi, sehingga nanti ada lomba desa inovasi. “Pembangunan dari desa menuju kota,” tegasnya.

Diakhir sambutannya, Mundjidah berucap sejumlah pantun. Salah satunya adalah “ Mencari ikan ke Desa Trawas, hanya didapat seekor ikan merah saja. Motivasi dan dukungan buat Abpednas, terus bersinergi membangun desa,”ujarnya.

Ketua DPC Abpednas Jombang, Abdul Wakhid yang memberikan sambutan sebelum Bupati Mundjidah mengatakan, dalam tahun 2020 ini menargetkan seluruh kecamatan di Jombang, sudah terbentuk PAC Abpednas yang sudah dilantik.

Dengan terbentuknya Abpednas di seluruh kecamatan bisa meningkatkan hubungan antara BPD dengan pemerintah desa.

“BPD dengan pemerintah desa harus sinkron, kalau tidak pembangunan di desa bisa mandeg. BPD pemerintah desa sinkron tidak ada laporan terkait desa. Insya Allah Abpednas solid,”tegasnya.

Sementara itu, pengurus PAC Abpednas Kecamatan Ploso yang dilantik untuk masa bakti 2020 hingga tahun 2025 adalah sebagai berikut. Ketua Rokib, Wakil Ketua Suripto, Sekretaris Amat Saji dan Bendahara Mochammad Yusuf. Pngurus harian ini dibantu sejumlah bidang yang melibatkan belasan orang.

Dalam acara tersebut, selain dihadiri Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, juga dihadiri Wabup Jombang, Sumrambah, beserta sejumlah Kepala OPD Pemkab Jombang, dua anggota DPRD Jombang, serta Camat Ploso, Suwiknyo dan anggota Forkopimca Ploso.

Hadir  sejumlah pengurus DPC Abpednas Jombang,  Kepala Desa dan seluruh anggota BPD se Kecamatan Ploso.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait