Tugu Simbol Peternak Ayam Buras di Keras Diwek

Tugu ayam di  tengah pertigaan jalan menuju gapura masuk Desa Keras. (Diana KN).
  • Whatsapp

DIWEK, KabarJombang.com- Sebuah bangunan tugu ayam di Desa Keras, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, adalah sebagai simbol adanya peternak ayam buras di desa tersebut.

Terkait tugu ayam tersebut, warga setempat Nikmah (41) mengatakan, tugu tersebut merupkan simbol atau tetenger bahwa di Desa Keras terdapat Peternak ayam buras yang hingga kini masih ada.

Baca Juga

“Itu dari dulu dibuat karena di Keras ada peternak ayam buras yang terkenal waktu itu. Jadi itu jadi tengeran (tetenger) kalau ada ayam buras di sini.”tutur Nikmah pada KabarJombang.com Minggu (7/2/2021).

Mengenai usia tugu ayam tersebut, Nikmah memperkirakan sudah berusia lebih dari 20 tahun.

“Kalau mulai adanya tugu sepertinya 20 tahun lebih ya, kalau pastinya saya lupa gak ngikuti banget.”jelasnya.

Bangunan tugu ayam yang berada di Desa Keras tersebut menurut pengakuan Nikmah didirikan Pemerintah Desa setempat sebagai simbol berjayanya peternakan ayam buras.

“Awalnya kan ternak ayam buras dulu mungkin karena dianggap berhasil setelah itu tugu itu dibangun.”katanya.

Mengenai hasil produksi dari ayam buras, telur yang dihasilkan melimpah yang siap diedarkan ke beberapa pasar dan juga daerah lain.

“Telurnya itu yang banyak ada tetangga yang kerja disana ditaruh di pasar sampai ke daerah lain mungkin juga ada. Banyak kok kalau pas bawa, karena kan ayam buras terkenal telurnya itu.”pungkasnya.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait