Inilah Cerita Pehobi Ayam Hias di Diwek Jombang

Ayam hias milik Heri di Desa Watugaluh, Diwek, Jombang. (Diana).
  • Whatsapp

DIWEK, KabarJombang.com- Kegemaran atau hobi bisa dipastikan dimiliki setiap orang. Hal ini sebagaimana hobi yang dimiliki seorang warga Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, Jombang.

Adalah Heri (40) warga Watugaluh, yang memiliki hobi merawat berbagai ayam hias sejak dia duduk di bangku SMA beberapa tahun lalu.

Baca Juga

Heri mengatakan, kecintaanya terhadap ayam hias menjadi hobi yang saat ini masih dilakoni. Hal ini karena mempunyai ketertarikan sendiri dengan unggas tersebut.

“Sejak SMA waktu itu tertarik sama ayam hias, kok unik bagus. Akhirnya saya ingin punya dan beli, lama-lama kok hobi. Ya sudah setiap ingin beli ya beli dan sampai sekarang ini,”tuturnya pada KabarJombang.com Minggu (21/3/2021).

Ayam hias yang dimiliki Heri sekitar 50 ekor dengan beragam jenis. Namun hingga kini mempunyai favorit ayam jenis Polandia (poland) dengan jumlah terbanyak. Semuanya mempunyai harga yang tidak murah seperti ayam jenis biasa.

Dikatakan Heri, karena sejak dulu hingga sekarang favorit dengan ayam Polandia sehingga kini dia memiliki sebanyak  25 ekor.

“Terus ada ayam lain saya ada ayam bulu kapas, bekisar, putih mulus tembus, dan ayam songgo bumi. Kalau untuk harga biasanya rata-rata Rp 400 ribu sepasang,”jelasnya.

Dalam melakukan perawatan atau urusan ternak ayam hias tersebut. Heri sering bertukar informasi dengan teman-teman pehobinya.

Menurut Heri, bahwa masalah yang dihadapi adalah ketika terdapat wabah penyakit.

“Biasanya sesama penghobi bertukar informasi. Kalau gak gitu sering baca-baca di internet, atau banyak share di facebook dalam grupmya gitu ada. Susahnya kalau saat ternak ayam hias itu kalau kena wabah penyakit penyembuhannya kadang susah,”katanya.

Saat ini selain menjadi hobi, karena pekerjaan Heri termasuk terkena imbas  Pandemi Covid-19. Untuk ayam hiasnya mulai diperjualbelikan untuk memenuhi kebutuhannya.

“Kalau dulu memang hanya sekedar hobi. Jarang hampir gak pernah saya jual, karena saya masih ada pekerjaa lain. Sekarang ayam hias juga saya perjual belikan lewat teman ke teman atau share di Facebook,”pungkasnya.

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait