Cara Mudah Bersihkan Panci Gosong

Ilustrasi. (Istimewa).
  • Whatsapp

 JOMBANG, KabarJombang.com Kegiatan memasak seringkali membuat wajan atau panci gosong. Kalau ini terjadi, membersihkan noda gosong memakan waktu dan melelahkan.

Bagaimana tidak, banyak orang memilih untuk menggosok panci yang gosong untuk membersihkannya. Ini tentu hal yang melelahkan sehingga malas melakukannya.

ucapan idul fitri kapolres jombang
ucapan idul fitri sadarestuwati
ucapan idul fitri PUPR
ucapan idul fitri Bappeda Jombang
Ucapan Idul Fitri Jombang
iklan bank jombang kredit
ucapan idul fitri BPKAD jombang
ucapan idul fitri BKDPP jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
ucapan idul fitri Disdik jombang
ucapan idul fitri dishub jombang
ucapan idul fitri PKB
ucapan idul fitri kemenag jombang
ucapan idul fitri satpol pp jombang

Cara lain adalah merendam panci dengan air panas semalaman. Tentu saja cara ini memakan waktu dan noda gosong dan kerak belum tentu menghilang.

Namun, membersihkan panci yang gosong bisa dilakukan tanpa perlu lelah menggosok dengan sabut pembersih. Berikut beberapa cara membersihkan panci gosong tanpa harus menggosok, seperti dikutip dari Pure Wow, Rabu (10/3/2021).

1. Dengan air mendidih

Cara ini cocok untuk membersihkan panci antilengket. Caranya, tuangkan air ke dalam panci dan taruh kembali di atas kompor, panaskan hingga mendidih.

Jika panci yang gosong juga terdapat minyak di dalamnya, tambahkan sedikit sabun cuci piring ke dalam air sebelum dididihkan.

Air sabun akan membantu melembutkan serpihan yang terbakar, dan panasnya akan membantu melonggarkan semuanya. Jadi lebih mudah untuk menggosok hingga bersih setelah air mendingin.

Pakar kebersihan Jolie Kerr memperingatkan agar tidak menggunakan apapun selain sabun cuci piring dan air untuk bahan-bahan tersebut, terutama jika Anda memasak dengan teflon, karena lapisannya bisa terkikis.

2. Menggunakan baking soda

Anda juga bisa membersihkan panci gosong dan berkerak menggunakan baking soda atau soda kue. Taburkan baking soda ke seluruh bagian bawah panci, tuangkan air mendidih di atasnya, biarkan dingin.

Kemudian, cuci panci itu seperti yang biasa Anda lakukan dengan sabun cuci piring dan air.

Jika noda membandel, lapisi dasar wajan dengan soda kue, percikkan air secukupnya untuk melembabkannya, lalu tunggu beberapa jam sebelum menggosok campuran.

3. Campuran baking soda dan cuka

Terkadang, air sabun atau soda kue tidak dapat menghilangkan noda gosong pada panci atau wajan. Jika wajan atau panci Anda benar-benar terlihat busuk, segera ambil cuka putih.

“Tutupi bagian bawah wajan dengan soda kue, lalu tuangkan lapisan cuka putih di atasnya,” tulis Kerr.

Perhatikan duet asam basa ini bereaksi, mendesis saat menghilangkan bau dan memotong minyak. Setelah gelembung mulai mereda, cuci panci dengan sabun dan air.

4. Gunakan lemon yang direbus

Ambil beberapa irisan lemon, masukkan ke dalam panci dan tuang air. Didihkan semuanya, dan biarkan gelembung-gelembung hingga sepuluh menit, atau sampai Anda melihat potongan makanan mengapung ke permukaan air.

Setelah itu, Anda bisa membuang air dan lemon, membilas panci dan menggosoknya dengan cepat hingga bersih.

 

 

 

Berita Terkait