Pembukaan MTQ ke-XXIX Tahun 2020 Jombang, Digelar Terbatas

Pembukaan MTQ XXIX tahun 2020 Kabupaten Jombang di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang. (Foto: Anggraini) 
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com- Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX  tahun 2020 Kabupaten Jombang dibuka. Namun, acara pembukaannya yang berlangsung di Masjid Agung Baitul Mukminin, Rabu (25/11/2020) itu digelar secara terbatas,

Ketua Dewan Hakim, Ilham Rohim mengatakan,  acara pembukaan MTQ secara resmi dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang,  Akh. Jazuli.

Baca Juga

“Beliau berpesan kepada dewan hakim agar melaksanakan tugas seobyektif mungkin. Karena semua peserta ingin mendapatkan juara. Apalagi dalam tahap MTQ Kabupaten ini untuk menuju MTQ tingkat Provinsi hingga tingkat nasional,” ujar Ilham kepada KabarJombang.com di sela acara pembukaan.

Ucapan KFM
iklan podcat Jombang
iklan Ramadhan bkad Jombang
iklan Ramadhan disdik Jombang
iklan Ramadhan Pupr Jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
iklan Ramadhan Satpol PP Jombang
iklan bank jombang kredit
iklan bank jombang nabung
iklan bank jombang

Dikatakan, pelaksanaan MTQ diselenggarakan pada tanggal 25 hingga 28 November 2020. Mulai Kamis (26/11/2020) besok, akan dimulai dimasing-masing majelis yang sudah ditentukan.

“Ada sekitar 10 majelis diantaranya ada di Masjid Agung, Islamic Center, Kemenag dan tempat-tempat lain. Dan pelaksanaan ini bisa diikuti semua kafilah dari masing-masing desa maupun kecamatan. Karena pendaftarannya melalui online,” ungkap Ilham Rohim yang juga menjabat sebagai Kabid Bimas Kemenag Jombang ini.

Dijelaskan, kelolosan peserta MTQ berdasarkan dengan syarat dan kriteria yang sudah ditentukan. Diantaranya seperti batasan umur yang ada di masing-masing cabang dan berkedudukan di wilayah Jawa Timur.

Ilham menambahkan, jika MTQ tahun ini sangat berbeda dengan MTQ tahun sebelumnya. Karena saat ini kondisi pandemi Covid-19, sehingga pesertanya terbatas.

“Dalam sisi pembukaan saja sudah dibatasi dari 590 peserta hanya dihadiri sekitar 150 sekian peserta yaitu dari beberapa kafilah dan official, karena masih pandemi. Dan untuk pelasanaanya kita tetap mengedepankan portokol kesehatan 3M hingga selesai,” katanya.

Terpisah, Sekda Kabupaten Jombang, Akh Jazuli mengaku bersyukur bisa melaksanakan MTQ secara konsisten. Sehingga bisa mencari bibit-bibit yang terbaik untuk dikirim ke tingkat provinsi hingga nasional.

“Alhamdulillah pembukaan hari ini lancar, semangat antara dewan hakim dan pesertanya. Dan saya berharap selain nanti terpilih menjadi qori’ terbaik, Jombang juga bisa menjadi generasi yang Qur’ani. Bagaimana membumikan Qur’an di Jombang yang memang Kota Ulama dan Kota Santri,”pungkas Jazuli.

 

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait