Ratusan PKL Alun-alun dan Sekitarnya, Bakal Direlokasi di Jalan Dr Soetomo

Cek lokasi di Jalan Dr Soetomo, Jombang.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Ratusan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Alun-alun, Jalan Bupati RAA Soeroadiningrat, Jalan Ahmad Dahlan, dan Kebonrojo, rencananya bakal direlokasi di Jalan Dr Soetomo, Jombang.

Ini dibenarkan Agus Purnomo, Koordinator Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jombang. Pihaknya juga mengatakan, sudah menerima data PKL yang disodorkan paguyuban pedagang yang sebelumnya mangkal di tiga titik tersebut, pada Kamis (28/5) kemarin.

Baca Juga

Selanjutnya, lanjut dia, data tersebut akan disampaikan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk dilakukan pemetaan. Sehingga bisa ditentukan lokasi tiap pedagang.

“Kami akomodir permintaan para pedagang agar bisa berjualan kembali, namun dengan catatan pedagang harus tetap menjalankan protokol kesehatan. Rencananya para pedagang ini akan kami pindahkan di Jalan Dr Sutomo,” kata Agus Purnomo, Kamis (28/5/2020) siang.

Terpisah, Antok, salah satu pedagang Alun-alun Jombang masih mempertanyakan rencana relokasi pedagang di Jalan Dr Soetomo tersebut. Apakah bersifat sementara atau untuk selamanya.

“Kami hanya ingin kepastian, kami direlokasi ke Jalan Dr Soetomo itu hanya sementara atau untuk selamanya. Kalau semua pedagang jadi direlokasi di sana, kami minta surat edaran dari Pemkab atau dinas terkait,” kata Antok.

Antok menganggap, relokasi di Jalan Dr Soetomo tersebut, malah akan menimbulkan polemic. Pasalnya, lokasi tersebut berada di bahu jalan yang mengganggu lalu lintas.

“Lokasinya kan berada di bahu jalan, apa nanti nggak mengganggu lalu lintas? Jika memang jalan itu nantinya akan ditutup untuk tempat jualan para pedagang, apakah nantinya malah tidak melanggar aturan Perda yang dibuat Pemkab sendiri ?, ini juga perlu dipikirkan,” pungkasnya.

INSTAGRAM

Berita Terkait