Puluhan Mahasiswa Tahfidz Qur’an Unipdu Jombang, Terima Beasiswa dari Perusahaan Belanda

Penyerahan nota kesapaham beasiswa berprestasi kepada mahasiswa Unipdu dari perusahaan kapal Belanda. (Foto: Anggraini).
  • Whatsapp

PETERONGAN, KabarJombang.com- Yayasan Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, Rabu (4/11/2020) menerima nota kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) dari perusahaan kapal Belanda, PT Damen DSNS, berupa beasiswa kepada mahasiswa Unipdu yang berprestasi.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Darul Ulum (YPTDU), KH. Zaimuddin W As’ad menuturkan, beasiswa tersebut merupakan beasiswa pertama antara Unipdu dengan PT Damen DSNS.

Baca Juga

Sebanyak sebanyak 20 mahasiswa menerima beasiswa mulai dari semester tiga hingga semester tujuh. Pihak PT Damen DSNS lebih mengutamakan pada mahasiswa yang sudah hafal Al-Qur’an 30 juz. Mereka adalah putra sebanyak 8 pria dan 12 perempuan.

“Beasiswa ini rencananya pertahun, jadi nanti akan ganti orang atau mahasiswanya. PT Damen kan merupakan salah satu perusahaan yang membangun kapal perang di Surabaya. Maka sebagai bentuk CSR nya (Corporate Social Responsibility) memberikan bantuan kepada Unipdu berupa beasiswa kepada mahasiswa berprestasi,” kata Gus Zaim (KH. Zaimuddin W As’ad) saat ditemui di Kampus Unipdu Jombang, Rabu (4/11/2020).

Untuk bisa mendapat beasiswa tersebut, syarat yang harus dipenuhi mahasiswa yakni harus memiliki prestasi baik akademik maupun non-akademik maupun mahasiswa yang kurang mampu.

Gus Zaim mengatakan, beasiswa yang diberikan hanya berlaku selama satu tahun. Yang diharapkan bisa membantu mahasiswa terkait biaya-biaya keperluan skripsi.

“Jumlah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa kami belum tahu, tapi rencananya 10 ribu Euro yang nantinya masuk langsung ke Yayasan. Tetapi itu nanti untuk kepentingan mahasiswa,” ujarnya.

Ditegaskan, bahwa untuk pengelolaan beasiswanya, mahasiswa harus menggunakan sesuai dengan keperluan dan kebutuhan kuliah. Tidak bisa digunakan untuk kepentingan lain.

Gus Zaim berharap bahwa dengan adanya beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa ini tidak hanya sebatas beasiswa saja. Tetapi juga bisa menjadi peluang bagi para mahasiswa untuk bisa magang di PT Damen.

Ia juga menjelaskan secara singkat tembusnya kerjasama antara PT Damen dengan Unipdu karena sebelumnya pihaknya sudah memiliki hubungan baik dengan duta besar Indonesia untuk Belanda tahun 2016, I Gusti Agung Wesaka Puja.

“Dia melihat bahwa Unipdu ini Perguruan Tinggi yang moderat, yang Rahmatan Lil Alamin. Maka mereka senang bisa memberikan bantuan karena visi kita kan juga jelas,” tandasnya.

Dalam acara tersebut dihadiri Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Darul Ulum (YPTDU), KH Zaimuddin W. As’ad (Gus Zaim). Rektor Unipdu, Prof. Dr. H. Ahmad Zahro. Wakil rektor SDM dan bidang umum, sekaligus Bendahara YPTDU, KH Zulfikar As’ad (Gus Ufik).

Hadir pula Wakil Rektor bidang akademik dan kemahasiswaan, H.A Zakaria. Duta Besar Indonesia untuk Belanda tahun 2016, I Gusti Agung Wesaka Puja. Manager Direktur PT Damen, Hein Van Amaijden dan tim.

 

 

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait