Punguti Sampah, Bupati Dukung Jombang Bebas Sampah 2020

Usai memunguti sampah, Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko membuang sampah ke tempatnya. (FOTO: HMS)
  • Whatsapp

JOMBANG, (kabarjombang.com) – Bersama ratusan pelajar, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko bersama-sama menggelar aksi “Clean Up Jombang” sebagai tanda pencanangan Jombang Bebas Sampah 2020, pada Sabtu (20/2/2016),

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan menjelang Hari Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari.

Baca Juga

Dalam aksinya, Bupati Nyono tak segan memunguti sampah di sekitar kawasan Taman Kebonrojo, Jombang. “Ini sebagai langkah awal dalam mewujudkan Kabupaten Jombang bebas dari sampah 2020. Selain itu sebagai bekal bagi generasi muda menjadi pelopor bebas,” ujar Bupati Nyono di sela-sela memunguti sampah.

Bupati juga berharap, masyarakat bisa berperan aktif dalam pengelolaan sampah menuju Jombang Bebas Sampah 2020, yakni dengan membuang sampah pada tempatnya. “Lebih-lebih masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai,” harapnya.

Bupati Nyono menjelaskan, persoalan sampah di Kabupaten Jombang menjadi fokus utama dan menjadi pekerjaan rumah bagi Pemkab Jombang. Dikatakannya, dari 1,7 juta jiwa masyarakat Kota Santri menghasilkan sampah hampir mencapai 170 ton per hari.

“Inilah yang menjadi garapan Pemkab ke depan yaitu menciptakan hidup bersih tetapi dengan ramah lingkungan,” tandas Bupati.

Deklarasi “Jombang Bebas Sampah 2020” itu, dilakukan pelajar peduli sampah yang diwakili oleh 22 siswa-siswi dari 11 sekolah mulai tingkat SD sampai SMA. Bupati Nyono sangat mendukung target yang diusung para pelajar yakni menjadikan Jombang bebas sampah pada tahun 2020. Bahkan, Bupati Nyono menantang para pelajar agar secepatnya Jombang bebas dari sampah.

“Saya sangat mendukung deklarasi ini, bahkan kalau bisa tidak usah menunggu tahun 2020, tapi tahun 2018 Jombang harus bebas sampah,” tantang Bupati Nyono.

Dalam peringatan hari Sampah Nasional 2016 tersebut, digelar berbagai macam kegiatan diantaranya ‘Mulung Sampah”, diman ratusan pelajar dari dalam kota ini memulung sampah yang ada di jalan. Sejak pagi para pelajar ini sudah melakukan aksi mulung sampah yang dimulai dari sekolah masing masing.

Selain itu, ada kegiatan Games yakni Gerakan Memilah Sampah. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari yakni pada tanggal 20 hingga 21 Pebruari 2016 dengan berbagai macam acara yang dipusatkan di Taman kebonrojo. (rief/adv)

INSTAGRAM

Berita Terkait