Pelantikan PAC Abpednas Plandaan Jombang, Asisten 1: BPD Tak Hanya Koreksi

Prosesi acara pelantikan Pengurus PAC Abpednas Kecamatan Plandaan. (Istimewa).
  • Whatsapp

PLANDAAN, KabarJombang.com – Sebagaimana Ikrar Abpednas (Asosiasi Badan Permusyawaratan Nasional). Badan Permusyatan Desa (BPD) siap kerjasama dengan Pemdes (Pemerintah Desa) tak hanya sekedar koreksi sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsinya).

Demikian itu ditegaskan Asisten 1, Pemkab Jombang, M Anwar dalam sambutannya pada acara pelantikan PAC Abpednas Kecamatan Plandaan, Jombang, Minggu (11/4/2021).

Baca Juga

ucapan idul fitri kapolres jombang
ucapan idul fitri sadarestuwati
ucapan idul fitri PUPR
ucapan idul fitri Bappeda Jombang
Ucapan Idul Fitri Jombang
iklan bank jombang kredit
ucapan idul fitri BPKAD jombang
ucapan idul fitri BKDPP jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
ucapan idul fitri Disdik jombang
ucapan idul fitri dishub jombang
ucapan idul fitri PKB
ucapan idul fitri kemenag jombang
ucapan idul fitri satpol pp jombang

Menurut M Anwar, sesuai dengan Mars Abpednas, siap mengabdi memberi solusi, tidak hanya kritik. Tapi ketika ada yang kurang atau salah, BPD mengingatkan Pemdes. Sehingga situasi di desa benar-benar kondusif.

“Jika situasi kondusif, secara otomatis pembangunan di desa bisa berjalan dengan sebaik-baiknya.”ujar M Anwar.

Dikatakan M Anwar, sekarang zamannya era tranparansi, tapi bukan berarti terbuka semuanya. Namun fungsi masing-masing harus dijalankan.

“Fungsi pemdes sebagai penyelenggaran pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatn. Sementara fungsi BPD untuk pengawasan. Apabila ada hal yang kurang baik disampaikan ke Pemdes untuk mencari solusi.

Ketua DPC Abpednas Jombang, Abdul Wakhid dalam sambutannya mengatakan,  BPD mempunyai catatan terhadap kienerja kepala desa. Karena itu Wakhid berharap sinergitas BPD dan pemdes perlu.

“Karena program apapun di desa mulai dari penyerapan dan pelaksanaan pembangunan butuh persetujuan BPD,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Abdul Wakhid juga menyampaikan, jika hampir semua kecamatan di wilayah Kabupaten Jombang, sudah berdiri PAC Abpednas.

”Sebanyak empat kecamatan yang belum ada PAC nya. Di antaranya Kecamatan Kudu, Jogoroto, Wonosalam dan Jombang,”pungkasnya.

Sedangkan Camat Plandaan, Agus Sholahudin berharap dengan pelantikan PAC Abpednas Kecamatan Plandaan, pemerintah desa dengan BPD semakin sinergi. Kinerja dari pemerintahan desa semakin baik dan mengalami kemajuan yang sangat berarti.

“Karena BPD adalah sebagai mitra dari pemerintah desa, tidak menjadi momok pemerintah desa. BPD harus selalu diajak koordinasi agar desa semakin maju. Semoga Abpednas menjadi maslakhah dan manfaat bagi kita sekalian,”harap Agus Sholahudin.

Sementara itu, PAC Abpednas Plandaan yang dilantik Ketua DPC Abpednas Jombang, Abdul Wakhid. Di antaranya adalah Ketua Sambang, Sekretaris Alex Saputro, Bendahara Nurul Widyawati.

Ketiga pengurus harian tersebut dibantu sejumlah Wakil dan Bidang yang melibatkan sekitar dua puluh orang.

Dalam pelantikan tersebut sedianya dihadiri Bupati Jombang, Mundjidah Wahab dan Wabup Sumrambah. Karena berhalangan hadir akhirnya diwakili Asisten 1 Pemkab Jombang, M Anwar.

Hadir pula Sekretaris Komisi A DPRD Jombang, Katiyono, Camat Plandaan, Agus Sholahudin, beserta anggota Forkopimca Plandaan, Jajaran pengurus DPC Abpednas Jombang, Ketua PAC Abpednas se Kabupaten Jombang, Kepala Desa dan Ketua BPD bersama anggotanya se Kecamatan Plandaan.

 

Berita Terkait