Pelantikan PAC Abpednas Kabuh Jombang, Camat: BPD dan Pemdes Jangan Bermusuhan

Camat Kabuh, Anjik Eko Saputro (kiri), saat memakai baju seragam Abpednas. (Nurul Y).
  • Whatsapp

KABUH, KabarJombang.com- Setelah tertunda akibat pandemi Covid-19. Akhirnya Pengurus Anak Cabang (PAC) Abpednas (Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional) Kecamatan Kabuh, Jombang, Sabtu (20/3/2021) dilantik.

Acara pelantikan dan pengukuhan oleh Ketua DPC Abpednas Jombang, Abdul Wakhid itu berlangsung di Pendopo Kecamatan Kabuh.

Baca Juga

Pelantian dan pengukuhan dihadiri Camat Kabuh, Anjik Eko Saputro, anggota Forkopimca Kabuh, Kepala Desa se Kecamatan Kabuh dan Ketua bersama anggota BPD se Kecamatan Kabuh.

Ucapan KFM
iklan podcat Jombang
iklan Ramadhan bkad Jombang
iklan Ramadhan disdik Jombang
iklan Ramadhan Pupr Jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
iklan Ramadhan Satpol PP Jombang
iklan bank jombang kredit
iklan bank jombang nabung
iklan bank jombang

Selain itu anggota DPRD Jombang, dari FKB yang duduk di Komisi A, Katiyono, jajaran Pengurus DPC Abpednas Kabupaten Jombang. Serta sejumlah Pengurus PAC di wilayah kecamatan sekitar Kabuh, juga hadir dalam acara tersebut.

Sementara itu, Pengurus PAC Abpednas Kecamatan Kabuh, yang dilantik adalah Ketua, M Mahfud, Sekretaris Nanang Supriyo dan Bendahara Ainun Jariyah.

Para pengurus harian dengan periode tahun 2020 hingga 2025 itu, dibantu tiga wakil. Selain itu, dibantu pula sejumlah Bidang yang melibatkan belasan orang.

Ketua PAC Abpednas Kabuh, M Mahfud dalam sambutannya usai dilantik mengatakan, terselenggaranya acara pelantikan tersebut berkat dukungan dan bantuan Camat Kabuh dan Kepala Desa di Kecamatan Kabuh.

Kedepan M Mahfud berharap agar kinerja BPD lebih bisa ditingkatkan agar biaya operasional dan insentif BPD ditingkatkan.

“Kepada Bapak Kartiyono sebagai anggota DPRD Jombang, kami nitip dan minta agar tunjangan BPD bisa ditingkatkan. Hal ini agar bisa meningkatkan kinerja BPD. Selain itu juga bisa diusahakan kendaraan operasional BPD,”pintanya.

Ketua DPC Abpednas Jombang, Abdul Wakhid menyampaikan, dengan adanya PAC Abpednas Kabuh, diharapkan semakin meningkatkan sinergitas antara Pemdes (Pemerintah Desa) dengan BPD.

Dikatakan Abdul Wakhid, terkait dengan kinerja BPD, pada bulan Juli mendatang akan digelar Bimtek (bimbingan tehnik) peningkatan kapasitas BPD.

“Insya Allah pada bulan Juli mendatang, kami kerjasama dengan DPMD Jombang, akan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas kinerja BPD,”terangnya.

Sementara itu, Camat Kabuh, Anjik Eko Saputro, yang dianugrahi sebagai anggota kehormatan PAC Abpednas Kabuh, saat memberikan sambutan memakai baju seragam Abpednas mengatakan, sangat bangga dengan berdirinya PAC Abpednas Kabuh.

Menurut Anjik, dengan adanya PAC Abpednas Kabuh,  akan sangat membantu kinerja Pemdes (Pemerintah Desa).

“Karena itu, kami berharap Pemdes dan BPD semakin bersinergi. Jangan sampai bermusuhan, Pemdes dan BPD bagaikan suami istri. Kami sangat bangga ada Abpednas,” tandasnya.

Sementara itu, Politikus PKB Kartiyono, Sekretaris Komisi A DPRD Jombang, yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, BPD kedepan tidak hanya sebagai aspirator.

“Namun BPD harus sebagai generator dan insiprator dalam pengembangan kemandirian desa,”tegasnya.

Terkait insentif BPD yang sangat minim, Kartiyono mengaku sudah menyuarakan sejak beberapa tahun lalu. Namun dengan tetap melihat kondisi keuangan yang ada.

“BPD adalah bersifat pengabdian, karena itu kita jangan berharap terlalu tinggi.Tapi saya yakin ketika pengabdian ini kita tulus dan ikhlas, insya Allah barokah akan kita dapat, “jelasnya saat memberikan sambutan.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait