Simak Yuk Bund, Manfaat Sempoa Bagi Kecerdasan Anak

Ilustrasi sempoa (Shutterstock)
Ilustrasi sempoa (Shutterstock)
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Setiap orang tua pasti ingin anaknya cerdas dan aktif dalam hal apapun, khususnya dalam persoalan perhitungan atau matematika.

Untuk melatih kinerja otak anak hal ini dapat didukung dengan menggunakan metode media bantu salah satunya yakni sempoa.

Baca Juga

Sempoa adalah sistem edukasi untuk mengoptimalkan potensi otak anak dengan menggunakan alat bantu sempoa dan akan mendukung seluruh pembelajaran anak, yang biasa disebut Basic for All Learning.

Sempoa merupakan alat kuno untuk berhitung yang dibuat dari rangka kayu dengan sederetan poros berisi manik-manik yang bisa digeser-geserkan. Yang bisa digunakan untuk melakukan operasi aritmetika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan akar kuadrat.

Sempoa ini juga banyak digunakan dari berabad-abad sebelum dikenalnya sistem bilangan Hindu-Arab dan sampai sekarang masih digunakan pedagang di berbagai belahan dunia seperti di Tiongkok.

Sempoa selain berguna sebagai alat bantu hitung aritmetika yang praktis, ternyata memiliki manfaat lain yang sangat penting. Khususnya bagi anak yang sedang dalam masa perkembangan. Berikut manfaat sempoa dikutip KabarJombang.com dari educenter.id dan cmaindo.com:

1. Menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan
2. Meningkatkan kemampuan berhitung secara cepat dan tepat
3. Meningkatkan daya tahan anak terhadap stress dan tekanan
4. Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah bagi anak-anak
5. Mengembangkan rasa percaya diri
6. Meningkatkan kemampuan mendengar anak
7. Memberikan dasar aritmetika yang kuat kepada anak
8. Membantu orangtua ketika anaknya tidak menyukai matematika
9. Koordinasi antara tangan dan otak lebih baik
10. Menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri

Tidak hanya itu, sempoa juga memberi manfaat tinggi untuk para penderita tunanetra untuk menghitung dengan memanfaatkan indera peraba. Belajar operasi aritmetika menggunakan sempoa, para tunanetra bisa memiliki kemampuan matematika yang tidak kalah dengan orang normal.

INSTAGRAM

Berita Terkait