Peristiwa

Warga Dua Dusun di Ngrimbi Bareng Jombang Keluhkan Pembuangan Limbah Ilegal

BARENG, KabarJombang.com – Warga dua dusun di desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang mengeluhkan pembuangan limbah ilegal di area persawahan serta sungai setempat.

Limbah yang dibuang di sungai dusun Kopen serta dusun Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang tersebut berupa kotoran hewan maupun telur busuk.

Pembuangan limbah ilegal itu diketahui warga sejak Minggu, 5 Desember 2021 lalu. Menurut Sholikun (45), hingga saat ini limbah-limbah yang dibuang secara sembarangan tersebut belum ada penanganan dari pihak terkait.

“Pembuangan limbah itu pakai truk saat siang hari. Ada kalau tidak salah 6 dump truk yang berisi limbah dibuang di tempat itu. Ada yang di persawahan, dan tebing sungai. Sampai menimbulkan bau busuk ketika terbawa angin dan arus air sungai,” ujarnya kepada KabarJombang.com, Sabtu (11/12/2021).

Kemudian setelah diketahui setiap hari selalu menghirup bau tak segar itu, warga setempat menurut Sholikun langsung untuk membuat laporan terhadap pemerintah desa Ngrimbi. Berdasarkan pengakuannya, hal tersebut dilakukan agar segera ditangani oleh dinas terkait.

“Ya kami langsung laporan mas ke pak lurah. Karena sangat menggangu sekali, apalagi kalau malam hari. Jadi kalau malam hari duduk-duduk di teras halaman rumah itu, baunya sangat terasa. Apalagi warga yang mau ke sungai, malah gak bakal jadi. Karena sangat menyengat baunya,” jelasnya saat ditemui di kediamannya.

Sementara itu, pihaknya berupaya agar pemerintah desa setempat bisa secara langsung untuk koordinasi dengan dinas terkait. Karena menurutnya agar, limbah yang diduga dibuang dengan sengaja tersebut langsung mendapatkan penanganan.

“Kabarnya sih dibuang sengaja oleh mantan lurah Ngrimbi (Khoiri). Tidak tahu persis saya mas, terkait permasalahannya. Maka dari itu warga langsung laporan ke Desa, biar segera ditangani. Soalnya sampai saat ini masih tetap,” imbuhnya memungkasi.

Terpisah, Kepala Desa Ngrimbi Samsul Hadi mengaku jika sudah menerima laporan tersebut dari warga yang terdampak. Terdapat seratusan warga yang merasa terdampak bau tak sedap dari pembuangan limbah yang mencemari lingkungan warga dan sungai setempat.

“Benar kami sudah menerima laporannya dari warga yang terdampak. Dan kami sudah bawa rapat kemarin, tidak langsung kami laporkan ke Dinas Lingkungan Hidup. Karena yang kami harapkan bisa ditangani oleh pihak yang membuang tersebut. Kalau tidak bisa, kami akan melaporkan,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan KabarJombang.com di lokasi setempat, tampak tumpukan limbah berceceran di tebing sungai dan daerah persawahan di Dusun Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Bau menyengat tak sedap terasa di lokasi setempat. Kemudian, terdapat sebagian kotoran tersebut yang juga terbawa arus air sungai.

 

Leave a Comment
Share
Published by
Muhammad Faiz